10 Aplikasi Screenshot Terbaik di HP Android

Daftar Isi

 Hampir semua ponsel Android dilengkapi dengan fitur screenshot bawaan. Fitur ini sangat berguna untuk menangkap gambar layar perangkat Android secara langsung. Namun, biasanya fitur screenshot bawaan hanya mampu mengambil gambar saja.

Di sisi lain, aplikasi screenshot yang bisa diunduh dari Google Play Store tidak hanya mampu menangkap gambar layar, tetapi juga menyediakan opsi untuk mengedit, menambahkan teks, dan melakukan berbagai hal lainnya.

Berikut ini, Babang telah mengumpulkan sepuluh aplikasi screenshot Android terbaik. Aplikasi-aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang merasa kurang puas dengan fitur screenshot bawaan perangkat Android Anda.

1. Screenshot Easy

Screenshot Easy
Screenshot Easy

Seperti namanya, Screenshot Easy menawarkan kemudahan bagi pengguna dalam mengambil screenshot.

Aplikasi gratis ini menyediakan berbagai metode untuk menangkap layar. Pertama, Anda bisa melakukan screenshot dengan menekan tombol "power" dan "volume." Kedua, Anda dapat menekan tombol "power" dan "home."

Kedua metode tersebut akan mengambil screenshot dalam waktu dua detik saja. Jika Anda merasa kesulitan menekan dua tombol sekaligus, Screenshot Easy juga menawarkan fitur untuk menangkap layar dengan menggoyangkan ponsel atau menggunakan ikon notifikasi. Jadi, metode mana yang ingin Anda coba?

Download

2. Screenshot touch

Screenshot touch
Screenshot touch

Menangkap layar di Android kini bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Cukup dengan satu sentuhan, layar akan otomatis ter-screenshot. Aplikasi buatan Daejeong Kim ini sangat efektif dalam menangkap layar.

Aplikasi bernama Screenshot touch ini memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan menyentuh layar, melalui area notifikasi, atau dengan menggoyangkan ponsel. Selain itu, Screenshot touch juga memiliki fitur untuk merekam video layar. Cukup lengkap, bukan?

Download

3. Screen Master

Screen Master
Screen Master

Jika Anda mencari aplikasi ringan untuk mengambil screenshot, kami merekomendasikan Screen Master. Aplikasi ini hanya memerlukan kurang dari 5MB ruang di ponsel Anda. Meskipun ringan, Screen Master sangat andal dalam menangkap layar.

Screen Master menjamin hasil screenshot dengan resolusi HD untuk penggunanya. Selain itu, Anda dapat menyimpan hasil tangkapan layar langsung ke memori eksternal ponsel. Ada tiga cara untuk mengambil screenshot dengan Screen Master: menggunakan tombol mengambang, menggoyangkan perangkat, atau melalui Web capture.

Download

4. Screenshot Assistant

Screenshot Assistant
Screenshot Assistant

Screenshot Assistant adalah aplikasi screenshot di Android yang sangat mudah digunakan. Setelah menginstal aplikasi ini di ponsel, Anda hanya perlu mengatur izin akses sesuai petunjuk. Selanjutnya, Screenshot Assistant akan memberi tahu Anda bahwa aplikasi siap digunakan.

Untuk mengambil tangkapan layar menggunakan Screenshot Assistant, cukup tekan tombol home selama beberapa detik. Hasil screenshot akan segera ditampilkan di layar ponsel, dan Anda bisa langsung mengeditnya dengan menambahkan teks atau memotong gambar sesuai kebutuhan. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di tautan dibawah ini.

Download

5. Screenshot & Screen Recorder

Screenshot & Screen Recorder
Screenshot & Screen Recorder

Pada aplikasi Screenshot & Screen Recorder, Anda bisa memilih metode pengambilan screenshot. Terdapat dua cara: menggoyangkan ponsel atau dengan satu kali klik pada tombol tertentu.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah fitur perekam layar. Jadi, Screenshot & Screen Recorder tidak hanya berfungsi untuk mengambil screenshot, tetapi juga bisa digunakan sebagai aplikasi perekam layar. Cukup keren, bukan?

Download

6. Screenshot Capture - Tri Core

Screenshot Capture - Tri Core
Screenshot Capture - Tri Core

Aplikasi berikutnya adalah Screenshot Capture dari Tri Core, yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dalam hitungan detik. Untuk menggunakannya, cukup tekan tombol "Start".

Kemudian, ikon bergambar lensa kamera akan muncul di layar ponsel Anda. Anda bisa menekan ikon tersebut untuk mengambil tangkapan layar. Seperti kebanyakan aplikasi lainnya, Screenshot Capture juga menyediakan fitur pengeditan untuk hasil tangkapan layar. Anda bisa menambahkan filter atau teks, serta memotong gambar sesuai keinginan.

Meskipun fitur-fiturnya cukup lengkap, dibandingkan dengan Screenshot Assistant, aplikasi ini sedikit kurang praktis karena menggunakan ikon kamera yang mengambang di layar. Sementara Screenshot Assistant hanya memerlukan pengguna untuk menekan tombol home.

Download

7. Screenshot - Splend Apps

Screenshot - Splend Apps
Screenshot - Splend Apps

Menggunakan aplikasi Screenshot dari Splend Apps untuk mengambil tangkapan layar akan memberikan pengalaman yang memuaskan.

Aplikasi ini memungkinkan pengambilan tangkapan layar melalui tombol overlay yang posisinya dapat disesuaikan, mengetuk opsi shutter di bilah notifikasi, atau menggunakan kombinasi tombol fisik yang umum pada perangkat Android.

Anda juga dapat mengatur durasi delay untuk menghitung mundur sebelum tangkapan layar diambil. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan tidak memerlukan rooting, meskipun beberapa fitur tertentu mungkin memerlukannya.

Setelah mengambil screenshot, hasilnya akan ditampilkan dalam area tampilan yang mirip dengan galeri. Di sini, Anda bisa memilih untuk membagikan tangkapan layar melalui email, Facebook, Twitter, Google+, WhatsApp, Instagram, DropBox, dan banyak platform lainnya.

Download

8. Screenple

Screenple
Screenple

Screenple adalah aplikasi screenshot Android lain yang layak dipertimbangkan. Aplikasi ini menawarkan tiga metode berbeda untuk mengambil screenshot: menggunakan tombol home, menggeser layar, atau dengan tombol di bilah notifikasi. Semua metode ini dapat disesuaikan sesuai kebutuhan Anda.

Screenple juga menyediakan alat pengeditan sederhana, seperti menambahkan teks dan memotong gambar. Kelebihan lainnya adalah adanya fitur perekam layar dalam aplikasi ini. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini menampilkan iklan saat digunakan. Namun, Anda bisa menghapus iklan tersebut dengan membayar kurang dari Rp50.000.

Download

9. Screenshot X

Screenshot X
Screenshot X

Selanjutnya, ada aplikasi Screenshot X dari Jared.co yang juga sangat baik untuk menangkap layar.

Cukup dengan satu klik, Anda langsung mendapatkan hasil screenshot. Setelah mengambil screenshot, Anda bisa langsung membagikannya ke media sosial atau email. Jadi, Anda tidak perlu repot membuka aplikasi media sosial lagi untuk mengirimkan hasil tangkapan layar.

Download

10. Screenshot

Screenshot
Screenshot

Di peringkat berikutnya, terdapat sebuah aplikasi screenshot Android yang sangat populer di Google Play Store, yaitu Screenshot. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar langsung dari layar smartphone atau tablet mereka, dan kemudian melakukan tindakan tambahan pada gambar tersebut.

Misalnya, Anda dapat mengedit gambar, menambahkan teks, atau memperindah desainnya untuk meningkatkan estetika tangkapan layar yang telah diambil. Antarmuka yang simpel juga menjadikan aplikasi ini mudah digunakan.

Download