Cara Private Akun Facebook Supaya Aman dari Stalker

Daftar Isi

 Pengguna Facebook sering mengalami kesulitan dalam membuat akun mereka tidak terlihat oleh orang asing. Padahal, mereka tidak selalu ingin semua postingannya dapat diakses oleh semua orang. Oleh karena itu, ada cara mudah untuk membuat akun Facebook lebih privat.

Dengan mengatur akun menjadi lebih privat, orang-orang yang ingin tahu atau stalker akan lebih sulit untuk melihat aktivitas kita di Facebook. Hal ini juga dapat membantu mencegah potensi pelecehan atau perundungan yang sering terjadi di media sosial akhir-akhir ini.

Cara Private Akun Facebook
© Facebook

Untungnya, proses untuk membuat akun Facebook menjadi privat sangat cepat dan sederhana. Kamu tidak perlu menutup akun Facebook dan meninggalkan platform tersebut.

Berikut beberapa cara untuk membuat akun Facebook kamu lebih privat.

Batasi siapa yang bisa melihat postingan terbaru

Kamu bisa memilih untuk membatasi siapa yang dapat melihat postingan terbaru, seperti hanya teman, atau bahkan lebih spesifik lagi ke grup teman tertentu. Untuk pengaturannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman 'settings' di akun Facebook kamu.
  2. Klik bagian 'Privacy' di sidebar sebelah kiri.
  3. Di bagian 'Your activity,' periksa segmen 'Who can see your future posts?.'
  4. Klik 'Edit,' lalu pilih di antara opsi 'Public,' 'Friends,' 'Friends except...,' 'Specific friends,' dan 'Only me.'

Perlu diketahui bahwa opsi 'Public' berarti semua orang bisa melihat postinganmu. 'Friends' hanya memungkinkan teman-temanmu yang melihatnya. 'Friends except' membatasi beberapa teman tertentu dari melihat postinganmu. 'Specific friends' memungkinkan hanya teman-teman tertentu yang bisa melihatnya, sedangkan 'Only me' membuat postingan hanya terlihat olehmu.

Batasi siapa yang bisa melihat postingan lama

Setelah mengubah pengaturan untuk postingan terbaru, kamu mungkin ingin membatasi siapa yang bisa melihat postingan lama. Kamu bisa mengaturnya menjadi privat dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman 'settings' di akun Facebook kamu.
  2. Klik bagian 'Privacy' di sidebar sebelah kiri.
  3. Di bagian 'Your activity,' periksa segmen 'Limit the audience for posts you've shared with friends of friends or Public.'
  4. Klik 'Limit Past Posts.'

Setelah itu, semua postingan yang sebelumnya dibagikan dengan publik akan dibatasi hanya untuk teman saja.

Buat akun Facebook lebih sulit ditemukan

Mudah bagi orang untuk menemukan akun di Facebook menggunakan nomor telepon, alamat email, atau nama. Jika kamu ingin lebih sulit ditemukan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman 'Settings' di akun Facebook kamu.
  2. Klik bagian 'Privacy' di sidebar sebelah kiri.
  3. Di bagian 'How People Find and Contact You,' atur opsi 'Who can look you up using the email address you provided?' dan 'Who can look you up using the phone number you provided?' sesuai keinginanmu.
  4. Selain itu, pada bagian 'Do you want search engines outside of Facebook to link to your Profile?' pilih 'No' untuk mencegah mesin pencari seperti Google dan Bing menemukan akun Facebookmu.

Kunci Profil Akun Facebook

Terakhir kamu bisa mengunci akun Facebook supaya hanya yang masuk daftar teman saja yang bisa melihat postinganmu, lalu bagaimana cara mengunci akun FB? Berikut ini langkahnya

  1. Buka akun Profil Facebook kamu di Android / iOS / PC
  2. Ketuk tanda strip tiga yang berada dipojok kanan atas (HP) atau titik tiga jika kamu menggunakan PC
  3. Selanjutnya pilih Lainnya
  4. Setelah itu pilih Kunci Profil
  5. Konfirmasi jika kamu ingin mengunci akun FB
  6. Selesai

Apabila kamu ingin menonaktifkan Kunci Profil FB caranya sama gunakan cara berikut ini

  1. Buka Profil Akun Facebook kamu
  2. Lalu pilih Buka Kunci
  3. Setelah itu pilih Buka Kunci Profil Anda
  4. Terakhir pilih OK
  5. Selesai

Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat membuat akun Facebook lebih privat dan aman dari stalker.

Mengatur privasi akun Facebook tidak hanya melindungi informasi pribadi, tetapi juga memberikan ketenangan pikiran saat berbagi konten dengan teman-teman dekat.

Ingatlah untuk secara rutin memeriksa dan memperbarui pengaturan privasi kamu agar tetap sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Selalu waspada terhadap siapa saja yang dapat melihat dan berinteraksi dengan profilmu, dan jangan ragu untuk mengambil langkah-langkah tambahan jika diperlukan.

Dengan demikian, kamu bisa menikmati pengalaman menggunakan Facebook dengan lebih aman dan terhindar dari potensi gangguan.