Daftar Urutan Nonton 15 Film One Piece Movie, Kamu Harus Tahu!

 Sebagai salah satu dari serial anime populer Shounen, One Piece bukan hanya meraih antusiasme untuk serial TV-nya tetapi juga untuk film-filmnya. Oda Eiichiro, pencipta dari anime tersebut, dikenal sebagai orang yang rajin dalam menciptakan film-film One Piece. Sampai saat ini, telah ada 15 film yang dirilis mulai dari tahun 2000 hingga tahun 2022.

Daftar Urutan Nonton 14 Film One Piece Movie

Dengan episode terbaru anime One Piece belum tayang, mungkin Anda ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk menonton semua film One Piece secara beruntun. Namun, menurut saran dari Babang, penting untuk mempersiapkan kondisi fisik agar dapat tetap fokus selama menonton marathon tersebut.

Sebelum memulai, Babang ingin memberikan daftar urutan menonton film One Piece agar Anda tidak tersesat dalam alur cerita. Beberapa film memiliki keterkaitan dengan serial maupun manga, jadi penting untuk mengikuti urutannya dengan benar. Ayo, mari langsung simak informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

1. One Piece: The Movie (2000)

One Piece: The Movie
One Piece: The Movie

Film ini mengisahkan tentang konflik antara kru Topi Jerami dengan kelompok bajak laut kejam yang dikenal sebagai Eldoraggo. Bajak laut tersebut sangat ambisius dalam mencari harta karun yang disembunyikan oleh Kapten legendaris bernama Woonan. Dengan bantuan seorang pedagang tua beserta cucunya, kru Topi Jerami harus menghadapi Eldoraggo untuk menemukan harta yang disembunyikan oleh Kapten Woonan.

Kisah ini berlangsung pada masa awal petualangan Luffy. Saat itu, kru Mugiwara hanya terdiri dari Nami, Zoro dan Usopp. Walaupun demikian, kita dapat melihat bagaimana Luffy bertarung melawan musuh yang serakah akan harta karun tersebut.

2. Clockwork Island Adventure (2001)

Clockwork Island Adventure
Clockwork Island Adventure

Film kedua dari seri One Piece, Clockwork Island Adventure, dirilis pada tahun 2001. Dalam film ini, kapal pertama dari kru Topi Jerami, Going Merry, dicuri oleh sekelompok perampok.

Sementara dalam pengejaran, mereka bertemu dengan pencuri yang dikenal sebagai Thief Brothers, yang setuju untuk membantu mereka menemukan kembali Going Merry. Perjalanan mereka kemudian membawa mereka ke sebuah pulau bernama Clockwork Island, di mana petualangan seru mereka dimulai.

3. Chopper’s Kingdom on the Island of Strange Animals (2002)

Chopper’s Kingdom on the Island of Strange Animals
Chopper’s Kingdom on the Island of Strange Animals

Dalam kisah ini, kelompok Topi Jerami berpetualang di Pulau Mahkota, di mana binatang dapat berbicara. Tony Tony Chopper secara tak terduga terpisah dari teman-temannya dan tanpa sengaja memenuhi ramalan sebagai penguasa dan pelindung pulau, yaitu Raja Binatang. Petualangan berlanjut ketika Luffy dan kru harus menghadapi musuh yang mengancam kerajaan binatang ini.

Film ini melanjutkan arc Enter Chopper at the Winter Island ketika kru Mugiwara akhirnya menemukan Chopper. Meskipun film tersebut tidak menyoroti proses bergabungnya Chopper dengan kru, tetapi membawa informasi tambahan yang belum diulas dalam anime maupun manga.

4. Dead End Adventure (2003)

Dead End Adventure
Dead End Adventure

Petualangan dimulai ketika kru Topi Jerami memiliki keinginan untuk mengumpulkan uang, terutama Nami yang memiliki reputasi sebagai "pecinta uang". Bajak Laut Topi Jerami ikut serta dalam sebuah perlombaan rahasia yang dikenal sebagai Kompetisi Akhir Mati antara kru bajak laut.

Mereka dihadapkan dengan pertarungan sengit melawan lawan-lawan tangguh, termasuk mantan Marinir yang telah menjadi bajak laut, Kapten Gasparde, dan seorang pemburu hadiah yang berambisi untuk membunuh mereka. Pertanyaannya, apakah mereka berhasil meraih uang yang mereka incar dalam perlombaan tersebut?

5. The Cursed of Holy Sword (2004)

The Cursed of Holy Sword
The Cursed of Holy Sword

Di Pulau Asuka, kru bajak laut Topi Jerami menemukan informasi tentang Shichiseiken, sebuah pedang yang dianggap sebagai salah satu pedang terindah di dunia dan memiliki nilai yang tinggi, meskipun terkena kutukan yang mematikan. Ketika mereka kembali ke kapal, mereka kaget karena Zoro, yang seharusnya bertugas sebagai penjaga kapal, tiba-tiba menghilang.

Terpaksa meninggalkan pelabuhan setelah diserang oleh Marinir, mereka berlabuh di bagian lain pulau dan menemukan sebuah desa. Desa itu bertugas untuk menjaga Pedang Tujuh Bintang agar tetap tersegel. Namun, mereka diserang oleh Marinir yang berusaha membuka segel pedang tersebut, dan yang mengejutkan, Zoro ternyata ikut terlibat dalam serangan tersebut.

6. Baron Omatsuri and the Secret Island (2005)

Baron Omatsuri and the Secret Island
Baron Omatsuri and the Secret Island

Kru Topi Jerami menerima undangan untuk mengunjungi Pulau Omatsuri dengan tujuan beristirahat dari petualangan mereka dan menikmati waktu santai. Namun, begitu tiba di pulau tersebut, rencana mereka berubah ketika mereka terjerat oleh tipuan Baron yang merupakan pemilik pulau tersebut.

Meskipun awalnya Luffy ikut serta dalam tantangan tersebut dengan tujuan membuktikan kehebatan krunya sebagai bajak laut, persahabatan dalam kru Topi Jerami mulai goyah ketika tantangan dimulai. Kejadian apa sebenarnya yang terjadi di balik semua ini?

7. The Giant Mechanical Soldier of Karakuri Castle (2006)

The Giant Mechanical Soldier of Karakuri Castle
The Giant Mechanical Soldier of Karakuri Castle

Cerita ini mengisahkan tentang awak Topi Jerami yang menemukan peti harta dari kapal yang telah tenggelam. Saat peti tersebut dibuka, mereka menemukan seorang wanita tua di dalamnya. Wanita tersebut kemudian menawarkan sejumlah harta karun sebagai imbalan jika mereka mau mengantarnya ke rumahnya di Pulau Mecha.

Topi Jerami yang doyan petualangan pun memutuskan untuk mengantarkan wanita tua itu. Di Pulau Mecha yang penuh dengan penemuan menakjubkan, mereka berusaha mengungkap teka-teki dan misteri yang mengitari pulau serta harta karunnya.

8. Episode of Arabasta: The Dessert Princess and the Pirates (2007)

Episode of Arabasta: The Dessert Princess and the Pirates
Episode of Arabasta: The Dessert Princess and the Pirates

Salah satu film One Piece yang terhubung langsung dengan cerita utama anime. Melalui keistimewaan film ini, alurnya terkait dengan cerita canon anime, ketika kru Topi Jerami melakukan perjalanan ke Arabasta untuk menemani Vivi. Dalam petualangan mereka, anggota kru Mugiwara harus melintasi gurun, berusaha menghentikan sebuah pemberontakan, dan mengalahkan Crocodile, yang saat itu menjabat sebagai salah satu dari Tujuh Panglima Perang Laut.

9. Episode of Chopper Plus: Bloom in Winter, Miracle Sakura (2008)

Episode of Chopper Plus: Bloom in Winter, Miracle Sakura
Episode of Chopper Plus: Bloom in Winter, Miracle Sakura

Film ini merupakan kelanjutan dari film ketiga dalam seri One Piece, yaitu Chopper’s Kingdom on the Island of Strange Animals. Serupa dengan film sebelumnya, fokus cerita masih pada Chopper. Namun, dalam film ini, cerita berlanjut dari perjalanan Chopper hingga ia akhirnya menjadi bagian dari kru Mugiwara sebagai seorang dokter.

Terdapat banyak momen yang mengharukan dalam film ini yang mampu membuat penonton terharu! Seperti saat Chopper harus berpisah dengan dokter Hiluluk atau ketika masa lalu Chopper terungkap yang penuh dengan kesedihan karena dianggap sebagai seorang monster.

10. One Piece Film: Strong World (2009)

One Piece Film: Strong World
One Piece Film: Strong World

Ketika mengetahui bahwa East Blue, tanah kelahiran Luffy dan teman-temannya, sedang mengalami krisis, kru Topi Jerami memutuskan untuk berlayar ke sana. Di kampung halaman mereka, muncul sebuah armada bajak laut terbang yang misterius turun dari langit.

Tanpa disangka, kapal itu ternyata dimiliki oleh Golden Lion Shiki, seorang bajak laut legendaris yang berhasil kabur dari penjara laut terdalam, yaitu Impel Down. Golden Lion Shiki dianggap sejajar dengan bajak laut terkenal seperti “King of Pirates” Gol D. Roger dan Whitebeard.

Setelah menculik Nami karena keahlian navigasinya yang luar biasa, Shiki membawa Luffy dan kawan-kawannya pergi ke pulau terapung pribadinya.

11. One Piece 3D: Straw Hat Chase (2011)

One Piece 3D: Straw Hat Chase
One Piece 3D: Straw Hat Chase

Oda Eiichiro mengambil risiko untuk pertama kalinya dengan menghadirkan One Piece dalam animasi 3D. Dalam film One Piece 3D: Straw Hat Chase, ceritanya berpusat pada pencarian topi Luffy yang hilang. Diketahui bahwa topi tersebut memiliki makna yang sangat penting bagi kapten itu sendiri, karena diberikan oleh Shanks langsung dan Luffy berjanji akan mengembalikannya suatu hari nanti.

Ketika seorang burung muncul membawa topi Luffy, pengejaran pun dimulai. Meskipun demikian, keseluruhan cerita dalam film ini berdiri sendiri tanpa keterkaitan dengan alur serial anime atau manga aslinya. Film ini disajikan dengan cerita ringan yang menyajikan konflik yang tidak terlalu rumit. Intinya, perjalanan mencari topi menghadirkan berbagai rintangan yang harus diatasi selama proses pengejaran.

12. One Piece Film: Z (2012)

One Piece Film: Z
One Piece Film: Z

Kisahnya bermula dengan mantan laksamana Angkatan Laut yang berkhianat dan mendirikan pasukan baru yang dikenal sebagai Neo Marine. Dia adalah Zephyr, yang kini dikenal sebagai Z. Dengan kebenciannya terhadap bajak laut, dia berencana melakukan tindakan yang sangat ekstrem.

Bahkan Angkatan Laut menganggap Z sebagai ancaman serius bagi keselamatan dunia, karena dia berencana meledakkan semua jalur masuk ke Dunia Baru menggunakan Batu Dyna. Senjata rahasia Angkatan Laut ini dicuri oleh Z dan tersebar di seluruh wilayah Dunia Baru.

Namun, sebelum misinya terlaksana, upaya Z digagalkan oleh Luffy dan kawan-kawannya. Akhirnya, Z tewas di tangan mayoritas anggota Angkatan Laut yang dulunya adalah muridnya.

13. One Piece Film: Gold (2016)

One Piece Film: Gold
One Piece Film: Gold

Film ini berlangsung di Gran Tesoro, sebuah negara merdeka yang disewa oleh Pemerintah Dunia. Pulau ini menjadi tempat bagi kota hiburan terbesar di dunia, di mana bajak laut terkenal, Marinir, dan jutawan dari berbagai belahan dunia berkumpul di dalam “tempat perlindungan absolut” yang bahkan tak tertembus oleh Pemerintah Dunia.

Kru Topi Jerami berhadapan dengan penguasa negara, yang merupakan kaisar emas, Gild Tesoro. Sang kaisar mampu dengan mudah menguasai bajak laut, Marinir, dan bahkan Pemerintah Dunia dengan kekuatan uangnya. Ia berencana untuk merealisasikan ambisinya yang tanpa batas, yang berpotensi mengubah secara besar-besaran dinamika kekuasaan di Dunia Baru.

14. One Piece: Stampede (2019)

One Piece: Stampede
One Piece: Stampede

Film ini menampilkan Festival Bajak Laut, sebuah acara yang dikemas dengan tema "dibuat oleh bajak laut, untuk bajak laut". Festival ini menjadi titik kumpul bagi bajak laut dari seluruh dunia, termasuk beberapa yang paling terkenal, yang bersatu dalam pencarian besar untuk menemukan harta karun yang hilang, yang pada kali ini adalah harta karun legendaris milik Gold Roger!

Namun, setelah memperoleh Log Pose yang menuntun menuju harta karun Gold Roger, Luffy dan seluruh Generasi Terburuk dihadapkan dengan tantangan dari Douglas Bullet. Dia adalah mantan anggota kru Raja Bajak Laut yang berhasil melarikan diri dari Impel Down.

Saat itulah, Douglas Bullet juga memiliki ambisi untuk menghancurkan semua bajak laut yang ada agar dapat menjadi raja bajak laut berikutnya. Namun, Generasi Terburuk bukanlah lawan yang mudah bagi musuh sehebat Douglas Bullet.

15. One Piece: RED (2022)

One Piece: RED
One Piece: RED

Film terbaru dari One Piece ini mengangkat kisah tentang Uta, yang memiliki hubungan ayah-anak dengan Shanks. Uta juga merupakan teman masa kecil Luffy yang akhirnya bertemu kembali setelah kehilangan kontak selama bertahun-tahun.

One Piece: RED menjadi pengantar yang menarik ke dalam arc terbaru yang sedang berlangsung. Pertemuan antara Shanks dan Luffy dalam film ini menjadi awal yang manis untuk memperkenalkan arc terbaru tersebut.

Dalam ceritanya, Uta terpengaruh oleh kekuatan iblis kuno bernama Tot Musica. Kekuatan Tot Musica adalah mengirim orang-orang ke dimensi yang diciptakannya melalui lagu. Hal ini sejalan dengan cita-cita Uta untuk membawa kebahagiaan kepada semua orang melalui musik, tanpa perang atau korban manusia.

Akhir Kata

Dengan begitu banyak petualangan epik yang siap menghibur para penggemar, daftar urutan nonton 14 film One Piece ini menjadi panduan yang tak boleh dilewatkan! Jelajahi dunia yang penuh kemisteriusan dan petualangan tak terduga dari Kru Topi Jerami melalui film-film seru ini. Siapkan diri kamu untuk terhanyut dalam kisah-kisah yang penuh tawa, aksi, dan juga kedalaman emosi. Saksikan petualangan luar biasa mereka dan nikmati momen-momen tak terlupakan dalam film-film One Piece yang akan membuatmu terkagum-kagum!