Daftar 10 Aplikasi Kalender Menstruasi Terbaik di HP Android

 Setiap wanita memiliki periode bulanan yang terjadi secara teratur. Ya, periode bulanan ini adalah menstruasi. Menurut informasi dari WebMD, biasanya, menstruasi dimulai saat wanita memasuki masa pubertas. Biasanya, siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari.

Daftar 10 Aplikasi Kalender Menstruasi Terbaik di HP Android

Dahulu, para wanita biasanya mencatat dan memantau siklus menstruasi secara manual, misalnya dengan menggunakan kalender atau buku. Namun, dengan kemajuan teknologi, sekarang setiap wanita dapat menggunakan aplikasi kalender menstruasi di perangkat Android mereka.

Beberapa aplikasi ini memiliki fitur-fitur unggulan, salah satunya adalah kemampuan untuk mendeteksi kapan siklus menstruasi dimulai setiap bulannya. Untuk mengetahui aplikasi mana yang direkomendasikanl, Anda dapat melihat daftar di bawah ini.

1. Flo

Flo

Flo adalah aplikasi kalender menstruasi yang luar biasa berguna. Dengan Flo, Anda dapat melacak siklus menstruasi Anda setiap bulan dengan mudah. Cukup masukkan tanggal hari pertama haid Anda dalam bulan sebelumnya, dan Flo akan secara otomatis memperkirakan siklus haid berikutnya.

Selain memantau tanggal haid, Anda dapat mencatat gejala-gejala yang Anda alami sebelum dan selama menstruasi. Mulai dari perut kembung dan nyeri, hingga perubahan mood dan gairah seksual yang dialami. Flo membantu Anda mengelola semua ini dengan cerdas dan nyaman.

Download

2. MeetYou

MeetYou

Anda bisa mengandalkan aplikasi kalender menstruasi MeetYou. Dengan MeetYou, Anda bisa melacak siklus menstruasi dengan mudah, cukup dengan memasukkan tanggal terakhir kedatangan tamu bulanan Anda. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda mencatat gejala yang dirasakan selama dan sebelum menstruasi.

MeetYou menawarkan laporan bulanan yang berguna untuk memantau kualitas siklus haid Anda. Meskipun fiturnya mirip dengan Flo, antarmuka pengguna Flo lebih mudah dimengerti daripada MeetYou.

Walaupun MeetYou menampilkan iklan dan tidak menyediakan fitur premium seperti Flo, fitur yang tersedia tetap membantu pengguna dalam melacak siklus haid dan kemungkinan kehamilan.

Download

3. MyCalendar

MyCalendar

MyCalendar adalah alat yang mengawasi siklus menstruasi bulanan Anda dan juga menawarkan informasi tentang kesuburan dan ovulasi, sangat berguna bagi mereka yang ingin hamil. Aplikasi ini dapat memberikan statistik tentang siklus menstruasi Anda yang dapat dijadikan laporan saat berkonsultasi dengan dokter kandungan tentang kesehatan reproduksi Anda. 

Selain itu, MyCalendar memberikan informasi tentang kemungkinan kehamilan, tetapi fitur ini hanya tersedia dalam versi premium. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan adalah kemampuan untuk mengubah tema aplikasi sesuai dengan keinginan Anda, tetapi juga merupakan bagian dari versi premium. Meskipun terdapat iklan dalam aplikasi, iklan tersebut tidak terlalu mengganggu.

Download

4. Clue Period Tracker

Clue Period Tracker

Clue Period Tracker hadir dengan antarmuka yang sederhana. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk mencatat informasi tentang siklus menstruasi bulanan Anda, dan kemudian memberikan informasi lengkap tentang tanggal haid berikutnya.

Anda juga dapat mengakses laporan tentang siklus haid di tab "Analysis", yang berisi data tentang panjang dan variasi siklus, serta durasi menstruasi setiap bulan. Jika Anda lupa kapan menstruasi terakhir, Anda dapat memeriksanya di tab "Calendar".

Untuk menambah pengetahuan tentang menstruasi atau kehamilan, Anda dapat mengakses artikel-artikel bermanfaat di tab "Content", yang semuanya tersedia secara gratis. Clue juga menawarkan layanan premium yang memberikan berbagai keuntungan, termasuk akses penuh ke semua fitur Clue untuk mendeteksi kehamilan.

Download

5. Maya

Maya

Maya membawa fitur-fitur utama seperti pelacakan siklus menstruasi dan kesuburan, serta laporan tentang siklus haid Anda. Di dalam aplikasi ini, Anda dapat menemukan prediksi tanggal menstruasi bulanan dan juga mencatat gejala-gejala yang terjadi selama menstruasi.

Salah satu hal yang banyak disukai dari Maya adalah adanya "Maya Forum", tempat Anda dapat berbagi pengalaman tentang menstruasi dengan pengguna lainnya. Forum ini memiliki tampilan dan fungsi mirip dengan Facebook, memungkinkan Anda untuk menulis dan membagikan pengalaman melalui status, dan pengguna lain dapat memberikan tanggapan.

Yang menarik, Maya Forum juga memberikan akses kepada postingan khusus dari para ahli kesehatan, yang dapat Anda jelajahi untuk meningkatkan pengetahuan Anda.

Sebagian besar fitur Maya dapat diakses secara gratis, tetapi tersedia juga fitur premium untuk pengguna yang ingin menikmati aplikasi tanpa iklan.

Download

6. Wocute

Wocute

Jika Anda mencari aplikasi siklus menstruasi yang mudah digunakan, coba gunakan Wocute. Aplikasi ini menawarkan dua fitur utama: pelacakan ovulasi dan siklus menstruasi, serta konten tentang kesehatan reproduksi.

Seperti biasa, Anda dapat mencatat menstruasi setiap bulan. Fitur lainnya termasuk pencatatan gejala dan tanda-tanda menstruasi, serta pelacak suasana hati.

Meskipun tidak banyak, fitur yang disediakan oleh Wocute sangat berguna. Aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan berupa penguncian aplikasi untuk menjaga privasi Anda. Yang menarik, Anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk menggunakan layanan yang ditawarkan oleh Wocute.

Download

7. Clover

Clover

Aplikasi kalender menstruasi yang dibuat oleh Wachanga menampilkan tiga fitur utama. Fitur-fitur tersebut mencakup pelacakan siklus haid, panduan program hamil, dan alat pemantauan kesehatan tubuh pengguna.

Clover juga menyediakan tab statistik yang berisi data tentang siklus haid atau ovulasi Anda. Laporan statistik ini dapat diunduh dalam format PDF untuk diserahkan kepada dokter saat berkonsultasi.

Meskipun begitu, akses ke fitur ini hanya tersedia bagi pengguna premium Clover. Namun, fitur penghitung siklus menstruasi masih dapat digunakan secara gratis.

Untuk menjaga privasi, Clover telah menambahkan fitur penguncian aplikasi menggunakan PIN. Selain itu, tersedia juga fitur penggantian tema untuk menghindari kejenuhan dengan tampilan aplikasi yang monoton.

Download

8. Eve AI Ovulation & Period Tracker

Eve AI Ovulation & Period Tracker merupakan aplikasi kalender menstruasi yang sangat sederhana. Aplikasi ini tidak memiliki tombol atau tab yang membingungkan, semua fiturnya terdapat dalam satu halaman yang sama, sehingga dapat diakses langsung saat membuka aplikasi.

Saat pertama kali digunakan, aplikasi ini akan meminta beberapa informasi seperti tanggal terakhir menstruasi, durasi siklus haid bulanan, dan usia pengguna. Setelahnya, aplikasi akan memberikan prediksi tentang tanggal menstruasi dan masa subur. Tanggal menstruasi ditandai dengan warna merah, sedangkan tanggal masa subur ditampilkan dalam warna hijau.

Aplikasi Eve juga memberikan prediksi tanggal menstruasi untuk beberapa bulan ke depan. Terdapat juga informasi penting seperti perbedaan durasi siklus haid yang disajikan dalam bentuk statistik. Namun, informasi ini hanya dapat diakses oleh pengguna premium.

Download

9. WomanLog Period Tracker

WomanLog Period Tracker

Berikutnya, terdapat aplikasi WomanLog Period Tracker. Aplikasi ini menyediakan informasi mengenai siklus menstruasi, masa ovulasi, dan periode haid setiap bulan. Semua informasi tersebut dapat diakses langsung melalui fitur di beranda aplikasi.

Setiap jenis informasi ditandai dengan ikon khusus. Misalnya, masa subur atau fertilitas ditandai dengan ikon bunga.

WomanLog Period Tracker menawarkan beberapa mode penggunaan yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada mode standar, kehamilan, dan menopause. Mode standar cocok untuk mereka yang hanya ingin melacak siklus menstruasi.

Seperti aplikasi sejenisnya, WomanLog juga dilengkapi dengan statistik tentang siklus haid. Fitur ini dapat diakses secara gratis. Namun, layanan gratis WomanLog tetap menampilkan iklan.

Jika Anda ingin menghindari gangguan iklan, tersedia layanan premium berbayar dengan beberapa fitur unggulan. Fitur-fitur tersebut meliputi pendeteksi tanda kanker serviks, reminder, akses ke statistik dalam format PDF, dan informasi tentang tekanan darah pengguna.

Download

10. Grace Health

Grace Health

Grace Health menawarkan beragam fitur unggulan yang lengkap, termasuk pelacakan periode dan mood, serta pelacakan keputihan. Aplikasi ini juga menghitung periode haid dan masa subur Anda setiap bulan.

Fitur unik dari Grace Health adalah misi atau goal-nya. Aplikasi ini mencatat seberapa sering Anda memantau kesehatan reproduksi Anda, dan data ini kemudian digunakan untuk membuat statistik. Statistik ini bisa Anda gunakan saat berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Selain itu, Grace Health memiliki fitur asesmen dengan berbagai kuesioner tentang kesehatan reproduksi. Untuk mengakses kuesioner ini, Anda memerlukan koin Grace Health yang disebut GC. Satu asesmen biasanya memerlukan 10 GC.

Anda dapat mendapatkan GC dengan melakukan berbagai aktivitas yang ditawarkan oleh Grace Health, termasuk menonton iklan. Jika Anda ingin mencoba aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya di Google PlayStore.

Download

Masih ada banyak aplikasi kalender menstruasi lain yang tersedia di HP Android. Namun, kami merekomendasikan aplikasi di atas karena kami percaya bahwa semuanya adalah yang terbaik dari yang terbaik.

Dari daftar yang kami sajikan di atas, Anda dapat memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa aplikasi mungkin menawarkan fitur atau layanan berbayar, tetapi biaya langganan ini sepadan dengan fitur yang ditawarkan.