Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mohon maaf kolom komentar di nonaktifkan untuk mempercepat loading blog ini, Trimakasih 🌚

10+ Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Semua Operator Terbaru 2024

Banyak dari kita selalu mengalami kendala dengan pesan" kode MMI tidak valid" saat mencoba menghubungi layanan operator untuk mengecek pulsa dan kuota. Tetapi, masalah ini bisa dipecahkan!

Sebagian besar pengguna ponsel lebih suka memakai kode USSD atau panggilan untuk mengecek sisa pulsa dan kuota karena cara ini lebih instan dan tidak membutuhkan koneksi internet.

Pesan "kode MMI tidak valid" dapat muncul di seluruh jenis ponsel dan operator, tetapi tidak perlu cemas karena terdapat beberapa cara mudah untuk mengatasinya.

Bila ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab dan cara mengatasi permasalahan "kode MMI tidak valid", silakan baca postingan Babang sampai selesai!

Apa Itu Kode MMI?

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Semua Operator
Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Semua Operator

Kode MMI merupakan kode perintah yang terdiri dari gabungan angka dan karakter antara simbol "*" dan "#", seperti *123#,*888#, dan masih banyak lagi. MMI merupakan singkatan dari Man Machine Interface.

Kode ini bisa digunakan untuk cek pulsa, cek nomor IMEI ponsel, dan berbagai macam layanan operator lainnya. Wajarnya, pada saat kode tersebut terkirim maka bakal muncul pesan informasi dari operator.

Walaupun sudah terdapat aplikasi yang bisa digunakan, kode perintah untuk mengetahui berbagai informasi layanan dari operator masih menjadi cara favorit banyak pengguna. Kode MMI dianggap masih lebih instan.

Kenapa Terjadi Kode MMI tidak Valid?

Kode MMI yang tidak valid bisa terjadi pada saat kalian memasukkan kode yang salah atau kode yang tidak sesuai dengan perangkat kalian.

Pada saat kalian mengetikkan kode MMI dan memperoleh pesan "kode MMI tidak valid", maksudnya kode tersebut tidak dikenali oleh sistem dan tidak akan menghasilkan hasil apapun.

Penyebab Kode MMI Tidak Valid

Pesan error ini biasanya timbul saat pengguna ingin memakai kode USSD di ponsel, seperti untuk cek pulsa, cek kuota, dan lain-lain. Sebenarnya, penyebab permasalahan kode MMI tidak valid bisa bermacam-macam.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan permasalahan sambungan atau kode MMI tidak valid, ialah di antara lain yaitu:

  • Permasalahan pada sistem ponsel
  • Kesalahan pengaturan jaringan
  • Jaringan atau sinyal lemah
  • Operator seluler sedang mengalami gangguan

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Kalian tidak perlu panik saat menemukan pesan error tersebut, karena sebenarnya bisa diperbaiki dengan mudah. Berikut cara mengatasi kode MMI tidak valid atau permasalahan sambungan yang dapat kalian lakukan sendiri.

1. Restart HP

Cara simpel ini dapat memperbaiki beberapa permasalahan ringan pada ponsel, termasuk permasalahan kode MMI yang tidak valid. Cukup tekan dan tahan tombol power pada HP dan seleksi opsi Restart atau Reboot.

Setelah perangkat kembali aktif, kalian dapat mencoba lagi kode USSD yang mau dijalankan. Cara ini bertujuan untuk menormalkan kembali sistem pada perangkat yang sebelumnya bisa jadi tidak sesuai.

2. Cek Kode USSD

Permasalahan kode MMI tidak valid sangat mungkin terjadi sebab kalian salah memasukkan kode USSD. Jadi, silahkan periksa kembali kode USSD yang kalian masukkan apakah sudah benar atau belum, baik dari simbol ataupun nomor tujuan.

3. Mode Pesawat

Buka pengaturan perangkat dan ganti Mode Pesawat ke "Aktif". Tunggu kurang lebih 10- 30 detik kemudian ganti Mode Pesawat ke " Off". Kode MMI dapat terjadi karena sinyal lemah dan cara ini bisa mengatur ulang koneksi dan memperbaiki kesalahan.

4. Atur Ulang Jaringan

Kalian dapat mengatur ulang jaringan seluler di ponsel untuk memperbaiki masalah sambungan atau kode MMI tidak valid. Cara untuk mengakses pengaturan jaringan bakal berbeda pada setiap jenis HP, namun konsepnya sama.

  1. Buka pengaturan Sim Card & Mobile Network.
  2. Pilih SIM 1 atau SIM 2.
  3. Pilih Network operators.
  4. Klik Search Networks.
  5. Pilih operator seluler yang digunakan.
  6. Selesai, coba lagi kode USSD yang mau dijalankan.

5. Clear Cache Ponsel

Kita perlu membuka aplikasi telepon untuk dapat mengirimkan kode dial pengecek pulsa, kuota, dan informasi lainnya. Menghapus cache pada HP dapat jadi solusi, terlebih pada saat data sampah memang sudah menumpuk.

  1. Buka pengaturan.
  2. Pilih pengaturan Aplikasi.
  3. Cari dan pilih aplikasi Telepon atau Phone.
  4. Klik tombol Hapus Cache.

6. Disable-Enable SIM Card

Tidak hanya mengaktifkan ulang atau restart HP, kalian juga dapat coba melakukan restart SIM Card yang digunakan untuk menangani masalah sambungan semacam ini. Kalian dapat ikuti langkah- langkah di bawah ini untuk melakukannya.

  1. Buka pengaturan.
  2. Pilih pengaturan SIM Card atau Jarinagn Seluler.
  3. Pilih SIM Card yang bermasalah (SIM 1 atau SIM 2).
  4. Hapus centang SIM Card atau klik tombol Turn on untuk menonaktifkan.
  5. Tunggu kurang lebih 1 menit.
  6. Tekan opsi centang atau tombol Turn on untuk aktifkan SIM Card lagi.

7. Ubah Jaringan ke 3G

Permasalahan kode MMI tidak valid umumnya sangat kerap muncul pada HP dengan koneksi 4G atau LTE. Jadi, kalian dapat coba mengubahnya ke mode 3G pada pengaturan perangkat HP.

  1. Buka pengaturan.
  2. Pilih pengaturan Koneksi atau Jaringan Seluler.
  3. Ganti jenis jaringan jadi 3G.

8. Ganti Kode Awalan

Cara berikutnya, kalian dapat mengatasi kode MMI tidak valid dengan cara menambahkan karakter khusus tertentu. Dalam hal ini, karakter khusus yang dapat disisipkan yaitu tanda plus (+) atau tanda koma (,)

Kalian dapat menambahkan tanda plus di awal kode awalan USSD untuk memaksa operasi supaya mengeksekusi dan mengabaikan kesalahan apapun. Sedangkan bila ingin menyisipkan tanda koma, tambahkan di akhir kode USSD. Misalnya, kode *888# jadi *+888# atau *123# jadi *123,#.

Jika bingung gimana memunculkan simbol plus, kalian dapat tekan dan tombol angka nol( 0) selama beberapa detik, atau tekan dan tahan tombol bintang (*) sebagian detik untuk memunculkan koma.

9. Safe Mode

Sama dengan sistem operasi PC seperti Windows, tiap ponsel umumnya pula dilengkapi dengan Safe Mode. Kalian dapat menggunakan mode ini untuk mengatasi permasalahan sambungan atau kode MMI tidak valid.

  1. Tekan dan tahan tombol power HP.
  2. Tekan dan tahan opsi Power Off.
  3. Tunggu hingga muncul pop-up Safe Mode.
  4. Konfirmasi dengan menekan OK.
  5. Jalankan kode USSD-nya

10. Tunggu Jaringan Normal

Cara terakhir yang dapat kalian lakukan yaitu menunggu hingga jaringan operator yang digunakan kembali normal. Salah satu pemicu timbulnya pesan error ini yaitu terdapatnya kendala dari operator seluler.

Kalian dapat menunggunya maksimal selama 24 jam. Bila sesudah 24 jam masih belum dapat, kalian dapat menghubungi customer service operator seluler yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

11. Mengaktifkan Radio dan SMS Melalui IMS

Terakhir, kalian dapat mengaktifkan radio dan SMS melalui IMS untuk mengatasi permasalahan sambungan atau kode MMI tidak valid pada seluruh operator. Berikut merupakan langkah- langkahnya:

  1. Buka menu telepon.
  2. Ketik *#*#4636#*#* tanpa perlu tekan tombol kirim, secara otomatis bakal timbul mode Service.
  3. Masuk ke mode Layanan
  4. Informasi perangkat ataupun Informasi telepon.
  5. Pilih Jalankan tes Ping.
  6. Klik tombol Turn Radio Off dan Turn on SMS over IMS
  7. Pilih Restart.

Akhir Kata

Saat ini, kalian dapat menanggulangi kode MMI tidak valid dengan bermacam cara yang Babang sebutkan di atas. Bila dicermati, seluruh cara tersebut dapat dicoba secara mudah sehingga tidak perlu untuk menggunakan jasa profesional atau penanganan serius.

Permasalahan kode MMI tidak muncul bisa terjadi pada seluruh tipe ponsel dan operator, tetapi kalian tidak perlu panik. Hal yang sangat awal wajib dicoba yaitu cek terlebih dulu apakah gabungan kode USSD sudah benar.