Batas FUP Indihome Terbaru 2024 & Cara Mengeceknya dengan Mudah

Daftar Isi

Bicara tentang internet di era modern ini sudah bukan menjadi hal yang asing lagi karena banyak kegiatan yang memerlukan akses internet seperti bermain game, e-learning dan lainnya. Banyak penyedia layanan internet yang populer di Indonesia salah satunya adalah Indihome, mereka menawarkan layanan internet dengan bervariasi harga, FUP dan kecepatan. Nah, pada artikel ini kita akan membahas tentang batasan FUP internet Indihome dan bagaimana cara mengeceknya, mari kita simak pembahasan dibawah ini

Apa Itu FUP IndiHome?

Batas FUP Indihome Terbaru
Indihome 

FUP ialah singkatan dari Fair Usage Policy yang maksudnya batasan kebijakan pemakaian wajar dalam memakai layanan internet.

Sistem ini digunakan untuk memastikan kalau pengguna tidak memakai internet secara melampaui batas, dengan menjalankan batasan penggunaan tertentu bergantung jenis paket yang digunakan.

Sederhananya, kecepatan internet kalian bakal mengalami pengurangan kecepatan apabila sudah mencapai batasan pemakaian tertentu walaupun paket internet IndiHome yang kalian pakai bersifat unlimited.

Besaran FUP yang diterapkan pada tiap layanan IndiHome berbeda satu sama lain, bergantung dari jenis paket internet IndiHome dan kecepatan yang dipilih oleh pengguna.

Berikutnya kalian pula perlu tahu tentang batasan FUP tersebut. Alasannya, IndiHome bukan hanya menerapkan 1 batasan FUP hampir di tiap paket layanannya, melainkan 2 FUP sekaligus untuk tiap paket kecepatan, kecuali untuk paket kecepatan 100 Mbps.

Itu maksudnya, kecepatan internet kalian dapat turun sampai 2 kali apabila kalian melampaui batasan FUP paket Indihome terbaru yang kedua. Pengurangan kecepatan bakal ter- reset di bulan berikutnya.

2 batasan FUP ini wajib kalian perhatikan biar bisa memperkirakan pengurangan kecepatan internet. Berikut ini daftar FUP paket IndiHome terkini untuk tahun 2024.

FUP IndiHome 10Mbps

Pada paket IndiHome 10Mbps, batasan penggunaan normal yang dapat kalian miliki yaitu 300GB. Tetapi, bila penggunaan internet mencapai 300GB, kecepatannya bakal diturunkan jadi 75% atau 7.5Mbps.

Setelah itu, saat penggunaan telah menyentuh 400GB maka kecepatan internet kembali diturunkan jadi 40% atau sekitar 4Mbps. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat simak tabel di bawah, ya!

Penggunaan Internet Kecepatan Setelah FUP
FUP 1
300 GB
7.5Mbps
FUP 2
350 GB
3Mbps

FUP IndiHome 20Mbps

Paket IndiHome 20Mbps pasti menawarkan kuota FUP yang lebih besar. FUP IndiHome 20Mbps yang awal, adalah 500GB, dengan kecepatan yang diturunkan jadi 75%.

Sementara itu untuk batasan FUP kedua, kecepatan internet bakal diturunkan jadi 40% bila telah menyentuh penggunaan kuota 800GB.

Nah, untuk cara menangani FUP IndiHome biar tidak cepat habis, kalian mungkin dapat coba membatasi pemakaian WiFi IndiHome di rumah, guys!

Penggunaan Internet Kecepatan Setelah FUP
FUP 1
500 GB
10Mbps
FUP 2
750 GB
4Mbps

FUP IndiHome 30Mbps

Pada paket IndiHome 30Mbps yang juga memberikan 2 batasan FUP sekaligus, kecepatan internet bakal diturunkan jadi 22. 5Mbps saat telah menyentuh penggunaan 700GB.

Kecepatan internet juga bakal kembali diturunkan jadi 12Mbps atau sekitar 40% bila penggunaan telah mencapai 1.200GB. Berikut tabel informasi fup Indihome 30 Mbps.

Penggunaan Internet Kecepatan Setelah FUP
FUP 1
700 GB
15Mbps
FUP 2
1200 GB
6Mbps

FUP IndiHome 40Mbps

Telah pasang WiFi IndiHome paket 40Mbps, tetapi tidak tahu berapa batasan FUP paket yang kalian miliki?

Pada paket ini, batasan FUP awal sebesar 900GB. Di mana bila penggunaan kalian pada FUP awal telah terpenuhi, maka kecepatan internet bakal diturunkan jadi 30Mbps atau sekitar 75%.

Sedangkan itu, pada batasan FUP kedua, kecepatan internet bakal kembali diturunkan jadi 40% atau sekitar 16Mbps bila telah menyentuh angka penggunaan 1.600GB. Berikut tabel data fup Indihome 40 Mbps.

Penggunaan Internet Kecepatan Setelah FUP
FUP 1
900 GB
30Mbps
FUP 2
1600 GB
16Mbps

FUP IndiHome 50Mbps

Buat kalian yang hampir setiap saat berkutat dengan internet dan unduh dalam jumlah besar, pastinya batasan FUP paket internet IndiHome di atas bakal terasa kurang dong?

Untungnya, terdapat paket yang menawarkan kuota dan batasan FUP lebih besar yaitu 50Mbps, nih! Untuk tahu mengenai batasan FUP IndiHome 50Mbps 2023, kalian dapat ikuti tabel di dasar.

Penggunaan Internet Kecepatan Setelah FUP
FUP 1
1200 GB
37.5Mbps
FUP 2
2000 GB
20Mbps

FUP IndiHome 100Mbps

Agak berbeda dengan paket IndiHome sebelum- sebelumnya, IndiHome 100Mbps memang menawarkan kuota dan kecepatan lebih kencang. Tetapi, untuk paket ini batasan FUP yang ditawarkan hanya sekali.

Maksudnya, pada saat penggunaan internet telah menyentuh angka 2.000GB maka kecepatan bakal diturunkan jadi 50Mbps atau sekitar 50% untuk pemakaian berikutnya.

Coba, deh, cek nomor IndiHome kalian untuk tahu sedang berlangganan paket yang mana. Berikut penjelasan FUP Indihome 100 Mbps.

Penggunaan Internet Kecepatan Setelah FUP
FUP 1
2000 GB
50Mbps

Cara Mengecek Kuota FUP IndiHome

Sehabis mengetahui batas FUP Indihome terkini 2023, kalian pula harus tahu cara cek FUP paket IndiHome agar dapat mengatur pemakaian internet dengan baik.

Biar tidak kecolongan, kalian wajib melakukan pengecekan pemakaian internet IndiHome tiap hari dan melakukan perhitungan kira- kira kapan bakal melebihi batasan FUP.

Ada 3 cara yang dapat kalian pakai untuk mengecek batasan FUP paket IndiHome pada paket internet yang kalian pakai. Berikut ini informasi selengkapnya.

Cara Mengecek Kuota FUP IndiHome via MyIndiHome

Cara mengetahui sisa FUP paket IndiHome yang pertama yaitu memakai aplikasi MyIndiHome yang mempermudah pengguna untuk memonitor pemakaian internet.

Untuk mengeceknya juga sangat mudah dan simple, tidak kalah gampang seperti kala kalian mau mengecek kuota internet AXIS, kok. Berikut yaitu langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan buka aplikasi MyIndiHome (via Play Store / App Store).
  2. Login akun.
  3. Klik ikon titik tiga pada bagian Internet dan pilih Lihat Penggunaan.
  4. Lihat jumlah pemakaian FUP paket IndiHome.

Kalian juga tinggal bandingkan pemakaian internet tersebut dengan batasan FUP pada paket yang kalian pakai, untuk melihat apakah kalian telah melebihi batasan atau belum.

Cara Melihat FUP Paket Indihome via Website

Tidak hanya dari aplikasi, kalian pula dapat memantau pemakaian internet IndiHome lewat web resminya yang diakses dari aplikasi browser di HP ataupun laptop.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara lihat FUP paket internet IndiHome melalui web, kalian dapat ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Kunjungi web IndiHome (https://www.indihome.co.id/).
  2. Login akun.
  3. Klik menu Lihat rincian pada paket IndiHome yang digunakan.

Cara ini sesuai digunakan untuk kalian yang tidak mau repot untuk menginstal aplikasi tambahan pada smartphone yang kalian pakai.

Cara Mengecek FUP Paket Indihome lewat SMS

Cara mengecek FUP paket internet IndiHome yang terakhir yaitu menggunakan layanan SMS. Cara ini dapat jadi alternatif untuk kalian yang lagi tidak ada di rumah dan mau melakukan pengecekan jarak jauh.

Untuk melakukan pengecekan via SMS, kalian dapat ikuti langkah- langkahnya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Pesan di HP.
  2. Buat pesan baru dengan format ISP (spasi) IH (spasi) KodeArea + No Telepon IndiHome.
  3. Kirim ke 98108.

Kalian tinggal tunggu beberapa saat sampai memperoleh jawaban seputar status paket internet yang kalian pakai termasuk besar pemakaian.

Cara melihat FUP via SMS ini membutuhkan biaya sebesar Rp350 untuk tiap SMS-nya, jadi pastikan pulsa kalian mencukupi sebelum memakai layanan ini.

Cara Reset FUP IndiHome

Batasan FUP kalian sudah tinggal sedikit? Nah, biar kegiatan browsing kalian tidak terhambat karena kuota mendadak habis, kalian bisa kok melakukan reset FUP paket IndiHome.

  1. Buka aplikasi MyIndiHome.
  2. Login akun.
  3. Klik menu ikon titik tiga pada bagian Internet dan pilih Lihat Penggunaan.
  4. Ketuk tombol Renew Speed dan pilih paket yang diperlukan.
  5. Ketuk tombol Beli.

Pertanyaan tentang FUP IndiHome

Bila kalian masih belum mengerti dan mempunyai pertanyaan mengenai FUP IndiHome, Babang sarankan kalian baca daftar pertanyaan di bawah ini, ya. Mungkin pertanyaanmu sudah ada jawabannya di bawah!

Apakah paket internet IndiHome mempunyai limit?

Seperti yang Babang jelaskan di atas, paket internet IndiHome seluruhnya bersifat unlimited alias tidak ada batasan kuota. Tetapi, kecepatan wajar bakal turun bila sudah melebihi batasan Fair Usage Policy (FUP).

Bagaimana cara cek FUP IndiHome?

Kalian dapat mengeceknya langsung melalui aplikasi MyIndiHome, web IndiHome, ataupun mengirim pesan ke no 98108. Caranya telah Babang beberkan secara detil di atas.

Kapan FUP IndiHome bakal kembali normal?

Tiap awal bulan, FUP IndiHome-mu bakal direset ulang di jam 00. 00. Tentunya, FUP yang baru ini termasuk dalam tagihan internetmu bulan depan.

Bagaimana cara reset FUP paket internet IndiHome?

Kalian dapat melakukan pembelian kecepatan( renew speed) lewat aplikasi MyIndiHome. Silakan lihat caranya di atas.

Apakah YouTube termasuk dalam FUP IndiHome?

Menurut informasi yang Babang terima, FUP IndiHome cuma berlaku untuk akses internetnya saja. Jadi untuk layanan streaming semacam YouTube, UseeTV, dan yang lain tidak dikenakan FUP. Untuk informasi lebih jelas dapat langsung hubungi call center IndiHome, ya.

Akhir Kata

Jadi itulah pembahasan tentang batasan FUP Indihome terbaru 2024 dan cara untuk mengeceknya, semoga artikel ini bisa membantu dan menambah wawasan untuk kalian para pengguna internet Indihome. Jangan lupa share artikel ini jika menurut kalian bermanfaat, trimakasih sudah membaca!