10 Aplikasi Text Editor Coding di PC / Laptop Terbaik 2024

 Jika kamu pengguna PC pasti tidak asing lagi dengan aplikasi text editor yang bisa membantu kamu dalam beberapa pekerjaan seperti misalnya coding. Untuk pengguna Windows biasanya terdapat aplikasi / software bawaan yaitu Notepad. Tahukah kamu ternyata ada alternatif lain aplikasi tersebut lho, Apa saja? Berikut ini pembahasannya.

text editor windows


Software Text Editor di Komputer dan Laptop

Biasanya di aplikasi teks editor ini kamu akan dimudahkan dengan fitur Find, Replace All dan fitur lainya.

Berikut ini 10 rekomendasi aplikasi text editor terbaik versi Babang

1. Sublime Text

Aplikasi Coding di Pc Laptop Sangat Ringan yang pertama merupakan Sublime Text. Tampilan pada text editor ini sangat dinamis dan mempunyai banyak fitur.

Hal ini membuat sublime text sebagai salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Aplikasi ini pula bisa di instal di berbagai platform yang berbeda, seperti Linux Windows dan Mac Os.

Text editor ini pula dapat kamu pakai secara gratis, tetapi untuk mengakses full fitur nya maka wajib membeli lisensi. Kamu dapat mendownload aplikasi ini di web resminya ataupun melalui link berikut.

Download

2. Notepad++

Aplikasi Coding di Pc Laptop Sangat Ringan kedua yaitu Notepad++. Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan text editor yang satu ini.

Untuk Babang sendiri, ini merupakan aplikasi text editor pertama yang Babang pakai dalam mendukung aktivitas coding.

Walaupun namanya nyaris sama dengan notepad tetapi fitur ditawarkan text editor notepad++ ini sangat lengkap.

Tidak hanya itu, aplikasi ini pula sangat ringan, itulah kenapa text editor ini terkenal di kalangan para programmer.

Aplikasi ini pula dibagikan secara gratis di web website resminya yakni Notepad++. Tetapi sayangnya aplikasi ini cuma disediakan untuk sistem operasi Windows saja.

Download

3. Atom

Untuk yang selanjunya kami bakal merekomendasikan Atom. Aplikasi ini populer di kalangan programmer sebab aplikasi yang satu ini mempunyai beberapa fitur menarik dibanding dengan aplikasi text editor yang lain.

Software ini memiliki fitur mumpuni seperti fuzzy finder for quickly opening files, fast project-wide search dan replace serta fitur unggulan lainnya.

Aplikasi ini pula support di bermacam platform berbeda seperti windows, Mac OS dan linux.

Tampilan pada aplikasi text editor ini pula sangat dinamis, kamu dapat mendownload text editor ini di situs resminya atau dapat juga melalui link berikut ini.

Download

4. UltraEdit

Aplikasi Coding di Komputer Laptop Sangat Ringan keempat yaitu Ultraedit, aplikasi text editor ini support untuk sistem operasi Windows, Mac dan Linux.

Fitur unggulan dari aplikasi ini merupakan mulitiline find and replace, large file handling, syntax highlighting, unicode support, disk based text editing dan masih banyak lagi yang lain.

Kamu dapat mendownload text editor ini di web resminya yakni UltraEdit atau dapat melalui link berikut ini.

Download

5. Komodo Edit

Nah yang selanjutnya  barangkali kamu dapat mencoba Komodo Edit. Pada text editor ini kamu dapat memilih tema untuk tampilan interfacenya. Dia pula sudah support terhadap sistem operasi Windows, Mac Os dan Linux.

Tidak hanya itu Komodo Edit pula mendukung berbagai ragam bahasa pemrograman seperti pyton, ruby, perl sql, css, php dan masih banyak lagi yang lain.

Download

6. BlueFish

BlueFish merupakan suatu aplikasi teks editor yang dapat digunkan di Windows, Linux, dan Mac OS. Walaupun begitu, aplikasi ini lebih maksimal bila digunakan di sistem operasi Linux.

BlueFish ini sangat ringan, walaupun ringan aplikasi ini dapat kalian gunakan untuk mengatasi file dengan ukuran yang cukup besar tetapi secara berkala sehingga kecepatan pemrosesannya tetap normal.

Kalian dapat memakai bermacam fitur yang terdapat di aplikasi ini seperti pencarian, penambahan tabel, format baris kode, dan sebagainya. Terdapat pula fitur snippet yang dapat menaikkan produktivitas kita.

Download

7. Vim

Vim merupakan aplikasi teks editor yang telah ada agak lama dan jadi salah satu teks editor terbaik hingga sekarang ini. Bila kamu pengguna Linux pasti sudah tidak asing dengan aplikasi ini.

Karena software yang satu ini merupakan aplikasi text editor bawaan dari Linux yang digunakan untuk mengedit dan membuka baris kode dalam file. Tampilan yang dimiliki dari aplikasi Vim ini juga sangat simpel.

Tetapi untuk permasalahan kecepatan, Vim tidak perlu dipertanyakan lagi. Vim jadi salah satu text editor terbaik dan sangat ringan digunakan.

Download

8. Emacs

Aplikasi text editor yang berikutnya yaitu Emacs, adalah teks editor yang sangat terkenal untuk pengguna Linux. Software ini pertama kali resmi dikembangkan pada tahun 1976 oleh GNU Project.

Aplikasi ini ditulis memakai Lips dan bahasa C. Tetapi walaupun begitu, emacs mempunyai fitur yang ukup banyak seperti tampilan berita, email, dan debugger.

Yang membuat aplikasi ini unik yaitu terdapat file manager yang dapat kalian gunakan untuk bermain tetris. Tidak hanya itu Emacs pula telah mendukung bzr, git, hg, subversion, dan sebagainya.

Download

9. Geany

Apabila di Widows terdapat Notepad++, maka di Linux terdapat Geany. Aplikasi ini merupakan text editor alternatif untuk Linux. Geany merupakan suatu aplikasi text editor yang sangat ringan sama seperti Notepad++.

Karena aplikasi ini cuma memerlukan GTK+ untuk melakukannya. Tetapi walaupun aplikasinya ringan, terdapat banyak fitur yang dapat kalian gunakan.

Misalnya yaitu fitur code folding, syntax highlighting, autocompletion programming, dan masih banyak lagi fitur lainnya. Aplikasi ini pula telah mendukung bahasa C, Java, HTML, PHP, Python, dan lain sebagainya.

Download

10. Brackets

Untuk kalian yang merupakan seorang desainer website pasti sudah tahu tentang Brackets. Brackets ini merupakan text editor terbaik eksklusif untuk mendesain website.

Kelebihan aplikasi ini yaitu tampilannya yang modern dan tampak bersih. Brackets ini pula mendukung sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS.

Fitur menarik yang terdapat di aplikasi ini yaitu highlighting, keyboards shortcut, dan mode non- distraction. Tidak hanya itu, di aplikasi ini pula mempunyai split screen untuk mengedit beberapa dokumen sekalian.

Download

Akhir Kata

Jadi itulah rekomendasi text editor terbaik untuk coding untuk kamu yang seorang programmer baik itu pemula ataupun yang sudah profesional. Kamu bisa menggunakan salah satu dari 10 daftar diatas yang menurut kamu mudah dan efisien digunakan. Selamat mencoba dan terimakasih sudah membaca!