Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mohon maaf kolom komentar di nonaktifkan untuk mempercepat loading blog ini, Trimakasih 🌚

Cara Menggunakan AI Generative Fill di Photoshop

 Dalam era teknologi yang terus berkembang pesat, kehadiran Artificial Intelligence (AI) telah mengubah banyak aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang desain grafis. Salah satu contohnya adalah penggunaan AI Generative Fill di Photoshop. Teknologi ini memungkinkan para desainer untuk dengan cepat dan efektif menghasilkan konten visual yang menarik.

Apa itu Photoshop Generative Fill?

Cara Menggunakan AI Generative Fill di Photoshop
Sumber: adobe.com

Photoshop Generative Fill adalah fitur yang diperkenalkan dalam Adobe Photoshop yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk menghasilkan konten visual secara otomatis atau bisa digunakan untuk memanipulasi gambar. Fitur ini memungkinkan pengguna Photoshop untuk dengan cepat dan mudah membuat pola, tekstur, atau gambar baru berdasarkan contoh yang ada.

Generative Fill menggunakan algoritma pembelajaran mesin yang telah dilatih dengan dataset besar untuk mengenali pola dan struktur dalam gambar. Pengguna dapat memberikan contoh pola atau tekstur yang diinginkan, dan algoritma AI akan menganalisis contoh tersebut dan mencoba menghasilkan gambar yang serupa namun unik.

Fitur ini sangat berguna bagi desainer grafis yang perlu membuat elemen visual dalam waktu singkat. Dengan menggunakan Generative Fill, mereka dapat menghemat waktu dan usaha yang sebelumnya dibutuhkan untuk membuat pola atau tekstur secara manual. Selain itu, fitur ini juga memberikan kreativitas baru dan banyak opsi eksplorasi dalam proses desain.

Walaupun Photoshop Generative Fill memberikan kemudahan dan kecepatan dalam menghasilkan konten visual, penting bagi pengguna untuk tetap memiliki kontrol kreatif. Hasil yang dihasilkan oleh algoritma AI masih memerlukan penyesuaian manual dan pengambilan keputusan kreatif dari pengguna untuk mencapai hasil yang optimal.

Sayangnya, fitur ini masih ada dalam versi beta. Jadi fitur ini hanya tersedia untuk pengguna yang mempunyai lisensi resmi Adobe Photoshop yang bisa mencoba fitur AI ini atau mereka yang berlangganan. Walaupun begitu banyak pula yang bertanya gimana cara kerja Photoshop Generative Fill ini?

Rahasia fitur ini terletak pada teknologi yang disebut Adobe Firefly, yang pada dasarnya merupakan model AI yang menggerakkan semua ini. Adobe sudah mengerjakan Firefly sangat lama.

Cara kerjanya sedikit mirip dengan model pembuatan teks. Lalu gimana cara memakainya? Berikut Babang sudah merangkumnya dari bermacam sumber.

Cara memakai Photoshop Generative Fill

Cara Menggunakan AI Generative Fill di Photoshop
Sumber: image adobe stock

Hal awal yang wajib dicoba, kalian perlu menginstal versi Beta Photoshop. Apabila kalian sudah mempunyai lisensi dan aplikasi Beta yang terinstal di PC, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai memakai Generative Fill.

  1. Buka Photoshop (Beta)
  2. Buat file foto baru dengan ukuran apa pun yang kalian suka
  3. Impor foto ke dalam file tersebut
  4. Selanjutnya pakai Rectangular Marquee Tool yang digunakan untuk memilih area pada foto kalian
  5. Lalu klik Generative Fill pada toolbar mengambang di bawah opsi kamu
  6. Ketikan perintah dengan apa yang mau kalian tambahkan ke area tersebut, atau biarkan kosong untuk penambahan secara random
  7. Jika sudah klik Generate dan tunggu hingga bilah kemajuan selesai
  8. Terakhir lihat perubahannya dan klik panah kiri atau kanan pada bilah alat mengambang untuk memilih opsi gambar.

Secara keseluruhan, AI Generative Fill di Photoshop merupakan alat yang inovatif dan bagus bagi para desainer grafis. Kemampuannya untuk membuat pola, tekstur, dan gambar secara otomatis dapat menghemat waktu dan upaya dalam proses kreatif. Namun, penting juga untuk diingat bahwa AI hanyalah alat bantu, dan keahlian serta visi seorang desainer tetaplah faktor utama dalam menciptakan karya seni yang unik dan berkesan. Dengan mempelajari dan menguasai cara menggunakan AI Generative Fill dengan bijak, para desainer dapat menggabungkan keahlian mereka dengan kekuatan teknologi untuk menghasilkan hasil yang luar biasa dalam dunia desain grafis.