Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tutorial Cara Menghapus Cache Windows (PC dan Laptop)

 Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan cache. Cache sangat bermanfaat untuk tingkatkan kecepatan berjalannya suatu aplikasi.

Tutorial Cara Menghapus Cache Windows (PC dan Laptop)


Namun seandainya sudah sangat banyak, cache bisa membuat pc jadi lemot. Cache tersebut tersembunyi di berbagai tempat di Windows sehingga perlu dihapus, kemudian gimana cara menghapus cache windows?

Sebelum masuk ke inti ulasan, alangkah baiknya Babang bakal memberikan pengertian cache terlebih dulu.

Cache ialah sekumpulan data yang tidak permanen, data tersebut dibuat supaya bisa diakses kembali pada saat Windows membutuhkannya.

Bersamaan dengan penggunaan, laptop yang kamu pakai makin hari bakal semakin lemot. Salah satu diantaranya disebabkan penumpukan cache.

Sebab itu, kamu perlu melakukan pembersihan cache secara berkala. Dengan begitu, komputer kamu bakal tetap normal dan ruang pada harddisk juga tidak akan dipadati oleh cache.

Bila komputer kamu memakai Windows XP, Vista, 7, 8, 10 maka kamu dapat memakai tata cara ini untuk membersihkan cache.

Ada sekian banyak cara yang dapat kamu pakai, mulai dari memakai aplikasi sampai tidak memakai aplikasi sama sekali.

Cara Menghapus Cache Windows melalui Run

Sistem operasi Windows mempunyai folder temporary yang berisi file-file sedangkan seperti cache, cookies, history, dan file sementara yang lain.

Cara pertama yang bisa kamu pakai untuk menghapus file-file tersebut yaitu dengan memakai fitur run.

Tekan tombol Windows+R, setelah itu bakal muncul jendela "RUN". Ketikkan perintah %temp% kemudian tekan enter.

Setelah itu bakal terbuka folder temporary milik Windows. Sesudah folder terbuka, kamu bisa menghapus seluruh file dan folder yang berisi cache tersebut.

Cara Menghapus Cache Windows melalui Windows Disk Cleanup

Sistem operasi Windows pada komputer kamu mempunyai fitur bawaan untuk membersihkan cache, fitur tersebut bernama "Disk Cleanup".

Untuk membersihkan cache memakai Windows Disk Cleanup, ikuti penjelasan dibawah ini:

Silahkan klik Start lalu pilih Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup.

Sesudah itu kamu bakal melihat beberapa partisi yang ada pada harddisk. Pilih partisi yang mau dibersihkan, tunggu sampai muncul beberapa opsi, setelah itu centang seluruh opsi dan tekan tombol "OK".

Tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan berakhir. Semakin banyak cache yang dibersihkan, umumnya waktu pembersihan bakal semakin lama.

Cara Menghapus Cache Windows melalui CCleaner

Cara ini memakai aplikasi CCleaner. CCleaner bisa membersihkan file cache, cookies, history browsing, dan file- file sampah yang lain. Aplikasi CCleaner ini sangat ringan untuk digunakan, sehingga tidak membebani kinerja laptop kamu.

Cara menghapus cache memakai aplikasi ini juga termasuk mudah, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Unduh dan install aplikasi CCleaner, kamu bisa mencarinya di Google. Perlu kamu tahu, kalau aplikasi ini bisa di unduh secara gratis dan ukuran softwarenya terbilang kecil.

Sesudah CCleaner sukses terinstall di pc, buka aplikasi tersebut dan tunggu sampai proses pemindaian cache berakhir. Centang file apa saja yang ingin kamu bersihkan, setelah itu klik tombol "Jalankan CCleaner". Maka CCleaner bakal mulai membersihkan cache yang menumpuk di komputer kamu.

Kemudian tunggu sampai proses pembersihan berakhir. Lamanya proses umumnya bergantung dari banyaknya cache yang menumpuk di komputer kamu.

Dari 3 tata cara diatas, kamu bisa memilih sesuai keinginan. Seluruh metode diatas sangat gampang untuk dicoba.

Untuk hasil yang lebih maksimal, saran terbaik dari Babang yaitu memakai aplikasi CCleaner.

Silahkan pilih cara menghapus cache windows sesuai kemauan. Kami berpesan rawatlah komputer kamu sebaik mungkin supaya kinerja pc bisa berjalan dengan baik. Mudah-mudahan bisa membantu dan berguna. 

Posting Komentar untuk "Tutorial Cara Menghapus Cache Windows (PC dan Laptop)"