Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mohon maaf kolom komentar di nonaktifkan untuk mempercepat loading blog ini, Trimakasih 🌚

Tutorial Cara Downgrade iOS Tanpa Kehilangan Data

 Bila kalian menyesal sesudah memasang pembaruan iOS, ikuti cara downgrade ini untuk menurunkan versi iOS seperti semula tanpa kehilangan data apapun.

Tutorial Cara Downgrade iOS Tanpa Kehilangan Data


Ingin bagaimanapun, pembaruan Apple umumnya bakal memberikan fitur- fitur terkini yang keren dan juga kenaikan kinerja dan keamanan untuk iPhone maupun iPad kalian.

Tetapi, ada kalanya pembaruan iOS tidak berjalan mulus untuk perangkat kalian, baik terdapat bug atau kalian merasa lebih nyaman dengan versi iOS sebelumnya.

Bila kalian sudah terlanjur memasang pembaruan iOS dan ingin menurunkan ke versi iOS sebelumnya, kalian bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.

Cadangkan Sebelum Mengunduh

Peringatan paling penting tentang penurunan versi iOS yakni seluruh data bakal dikembalikan ke pengaturan pabrik.

Tetapi bila kalian mempunyai cadangan data dari versi iOS sebelumnya maka kalian bisa memulihkan data tersebut.

Jadi, sebelum melaksanakan proses upgrading dan downgrading versi iOS, pastikan kalian telah mencadangkan data baik foto, video, ataupun file penting lain yang terdapat di perangkat kalian.

Unduh versi iOS Sebelumnya

Untuk memperoleh file iOS versi sebelumnya, kalian bisa mengunduhnya di ipsw.me yang merupakan suatu web yang menyediakan bermacam file iOS.

Supaya lebih gampang untuk mengunduh file iOS di web tersebut, hendaknya pakai PC ataupun Mac kalian.

1. Pilih Perangkat Kamu

Langkah awal yang wajib kalian jalani yaitu memilih model yang pas dari perangkat yang kalian pakai.

2. Pilih Versi iOS

Berikutnya yaitu memilih versi iOS yang mau kalian pakai. Pastikan kalian memakai tipe iOS dengan Signed IPSWs yang bertanda centang.

3. Klik Tombol Download

Klik tombol unduh yang ada kemudian simpan file tersebut pada folder yang kalian inginkan.

Sesudah proses unduh versi iOS yang kalian butuhkan selesai, selanjutnya ialah melakukan proses cara downgrade ios perangkat kalian.

Masuk ke Mode Recovery

Langkah berikutnya dalam proses penurunan versi iOS yaitu dengan menempatkan iPhone maupun iPad kalian dalam Mode Recovery.

Terlebih dulu matikan perangkat iOS kalian, kemudian sambungkan dengan PC maupun Mac.

Langkah berikutnya ialah tergantung dengan model perangkat yang kalian pakai.

  • iPhone 8 atau yang lebih baru: Tekan dan lepaskan tombol Volume Up, tekan dan lepaskan tombol Volume Down, kemudian tekan dan tahan tombol Samping sampai koneksi ke layar iTunes muncul.
  • iPhone 7 dan iPhone 7 Plus: Tekan dan tahan tombol Sisi dan tombol Volume Down sampai koneksi ke layar iTunes muncul.
  • iPhone 6s maupun yang lebih lama, iPad, dan iPad Touch: Tekan dan tahan tombol Home dan Samping sampai koneksi ke layar iTunes muncul.
  • iPad Pro 11-inch ataupun iPad Pro 12. 9 -inch: Tekan dan lepaskan tombol Volume Up, tekan dan lepaskan tombol Volume Down, kemudian tekan dan tahan tombol Atas atau Samping sampai terhubung ke layar iTunes.

Menurunkan Versi iOS ke Versi Sebelumnya

Sesudah memasuki sesi akhir ini, tidak ada lagi cara untuk kembali ataupun membatalkan proses downgrading, jadi pastikan kalian telah mencadangkan gambar, video, dan file penting lainnya yang terdapat di perangkat iOS kalian.

Sesudah perangkat iOS kalian sukses masuk ke Mode Pemulihan, maka semestinya jendela iTunes bakal muncul secara otomatis di pc kalian.

Tetapi bila tidak kalian dapat membukannya sendiri sesudah perangkat iOS kalian betul- betul tersambung.

Bertepatan dengan jendela iTunes yang terbuka, umumnya bakal muncul pesan untuk melakukan update atau restore.

  1. Tahan tombol Shift( Komputer) atau Option (Mac) kemudian klik tombol Restore.
  2. Cari dan pilih file IPSW yang telah kalian unduh lebih dahulu, kemudian klik Open.
  3. Klik Restore
  4. Untuk melaksanakan proses downgrading iOS ke versi yang kalian mau, klik tombol Restore.

Sesudah itu tunggu sampai proses downgrading versi iOS berakhir. Bila kalian mempunyai cadangan perangkat yang telah kalian arsipkan dari versi iOS sebelumnya, maka kalian dapat memulihkan file iphone nya.

Tetapi bila kalian tidak mempunyai cadangan data, kalian cuma butuh melanjutkan proses dan mengatur perangkat iOS kalian seperti perangkat baru.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas secara runtut, saat ini perangkat iOS kalian bakal berjalan dengan memakai versi iOS yang kalian mau.