Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mohon maaf kolom komentar di nonaktifkan untuk mempercepat loading blog ini, Trimakasih 🌚

Cara Scan Barcode dan Kode QR di HP Android dengan Mudah + Lengkap!

 Pada era saat ini, kode QR dan barcode kerap kita jumpai di bermacam tempat. Tetapi apakah kamu sempat berpikir gimana sih cara scan barcode dan kode QR sendiri cuma lewat hp android saja?

Cara scan barcode dan kode QR

Jawabannya yaitu bisa. Kamu bisa mengartikan kode QR ataupun barcode cukup dengan smartphone android milik kamu. Karena sangat mudah, ada bermacam jenis opsi metode yang bisa kamu coba untuk pindai berbagai jenis barcode dan kode QR.

Dulu bisa jadi kita kerap menjumpai kode QR dan barcode cuma pada balik kemasan suatu produk saja. Tetapi seiring berkembangnya zaman yang semakin modern, kode QR dan barcode sudah mulai digunakan pada aplikasi di smartphone.

Apabila kamu penasaran, apa sih dibalik dari kode QR ataupun suatu barcode. Kamu saat ini pula bisa memindai barcode ataupun kode QR sendiri dengan gampang dan cukup memakai HP Android saja.

Cara Scan Barcode dan Kode QR di HP Android Terbaru

Nah sesuai dengan judul postingan, kali ini Babang akan memberikan tutorial cara memindai barcode dan kode QR di HP Android tanpa ribet. Simak langkahnya dibawah ini ya

Menggunakan Google Lens

Google lens merupakan aplikasi bawaan dari smartphone Android yang juga bisa kamu pakai untuk memindai kode QR ataupun barcode dengan gampang dan cepat. Fitur ini bisa kamu temukan di dalam fitur Google Assistant di HP Android kamu.

Cara scan barcode dan kode QR lewat google di HP Android tanpa aplikasi tambahan:

  1. Masuk ke Google Assistant dengan memencet tombol Home.
  2. Setelah itu tekan fitur Google lens.
  3. Arahkan kamera HP kamu ke barcode ataupun QR code yang diinginkan.
  4. Sehingga bakal muncul suatu lingkaran kecil di barcode ataupun QR kode.
  5. Tap ikon lingkaran tersebut.
  6. Informasi dari kode QR ataupun barcode bakal tampil.

Saat ini kamu telah berhasil memindai kode QR ataupun barcode sendiri melalui google di HP Android. Sesudah itu, Kamu pula bisa menyalin teks ataupun langsung mengunjungi link dari hasil scan kode QR ataupun barcode tersebut.

Menggunakan QR & Barcode Scanner

Selanjutnya menggunakan QR & Barcode Scanner, yaitu aplikasi yang berfungsi untuk memindai berbagai jenis barcode dan kode QR di HP Android dengan mudah. Aplikasi ini telah diinstal lebih dari 100 juta pengguna di seluruh penjuru dunia.

Berikut ini cara untuk scan barcode sendiri di HP Android:

  1. Pasang aplikasi [QR & Barcode Scanner] lewat Playstore.
  2. Setelah itu buka aplikasi tersebut.
  3. Pada menu Pindai, arahkan kamera ke kode QR ataupun barcode.
  4. Aplikasi ini langsung melakukan scanning.
  5. Tidak butuh menunggu waktu yang lama, kode QR ataupun barcode telah sukses dideteksi.

Aplikasi ini cukup ringan sebab ukurannya yang tidak sangat besar. Walaupun begitu, aplikasi ini sanggup melakukan scan ke seluruh jenis kode QR / barcode seperti teks, link, dan berbagai jenis lainnya.

Menggunakan QR Code Reader

Cara pindai barcode dan kode QR yang selanjutnya yakni memakai dukungan aplikasi QR Code Reader. Tidak hanya digunakan sebagai aplikasi untuk scan, aplikasi ini pula bisa membuat kode QR dan barcode sendiri cuma memakai HP Android.

Cara memindai barcode dan kode QR memakai HP Android:

  1. Instal aplikasi [QR Code Reader] terlebih dulu.
  2. Sesudah terpasang, buka aplikasi tersebut.
  3. Kamu cuma butuh mengarahkan kamera HP ke barcode ataupun QR.
  4. Setelah itu bakal muncul hasil dari scan barcode ataupun QR kamu.

Aplikasi ini juga mempunyai fitur untuk membuat kode QR dan barcode sendiri dan melihat riwayat scan yang telah kamu lakukan sebelumnya. Kamu pula bisa memindai barcode dan kode QR dengan mengambil foto dari galeri.

Cara Scan Barcode Tanpa Kamera

 Untuk tata cara yang terakhir, kamu tidak membutuhkan aplikasi yang perlu dipasang di HP terlebih dulu. Kamu malahan juga bisa melakukan scan barcode tanpa memerlukan kamera di HP Android kamu.

Simak langkah-langkah pindai kode QR dibawah ini:

  1. Buka aplikasi web browser seperti google chrome, opera atau sejenisnya.
  2. Setelah itu silahkan kamu kunjungi situs berikut onlinebarcodereader.com
  3. Tekan Upload file kemudian pilih foto barcode ataupun QR kamu.
  4. Berikutnya tekan tombol Start.
  5. Tunggu proses sampai berakhir.
  6. Terakhir kamu bakal ditunjukan ke hasil scan barcode ataupun QR.

Tidak hanya lewat galeri ataupun penyimpanan foto, Kamu pula bisa mengambil kode QR ataupun barcode untuk di scan lewat link. Jadi, cukup masukkan link foto barcode ataupun QR kamu kemudian klik tombol start untuk memindai.

Jadi seperti itu beberapa cara untuk scan barcode dan kode QR melalui HP Android dengan berbagai langkah yang sudah dijelaskan diatas dan kamu bisa bisa memilih salah satu yang menurutmu lebih mudah dilakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!