Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mohon maaf kolom komentar di nonaktifkan untuk mempercepat loading blog ini, Trimakasih 🌚

Cara Mudah Screenshot HP Oppo

Bicara tentang screenshot tentu sudah menjadi hal biasa yang dilakukan sehari-hari. Screenshot sendiri merupakan cara untuk mengambil gambar di smartphone, hal ini biasanya dilakukan ketika kamu ingin mengabadikan momen penting di HP kamu seperti chat mesra dari doi, bukti pembayaran e-banking, ketika mendapat momen penting ketika bermain game di smartphone dan momen lainnya.
Cara Mudah Screenshot HP Oppo Mudah
Cara screenshot hp Oppo


Nah, pada postingan kali ini Babang hendak membahas cara untuk melakukan screenshot di HP Oppo. Jika kamu masih pemula dalam menggunakan smartphone ini maka artikel ini sangat bermanfaat ketika ingin mengambil screenshot (tangkapan layar).

Ada beberapa cara untuk mengambil screenshot di HP Oppo, berikut ini langkah-langkahnya

Screenshot menggunakan 3 jari


Ini merupakan cara screenshot sangat instan di HP Oppo dengan basis ColorOS 6. Kemampuan ini ada di dalam fitur quick gesture. Untuk memakai fitur ini, kalian wajib mengaktifkannya terlebih dulu. Berikut triknya.
  1. Buka menu pengaturan atau settings
  2. Temukan dan pilih opsi Gesture and Motion
  3. Cari dan temukan submenu Quick Gesture.
  4. Aktifkan opsi Gesture Screenshot
Cara memakai screenshot dari quick gesture ini sangat gampang. Kalian cuma butuh menyapu alias swipe ke bawah memakai 3 jari. Setelah itu layar bakal berkedip dan menghasilkan suara tangkapan kamera. Nanti bakal muncul hasil tangkapan layar kecil yang berada di sisi kiri layar.

Screenshot area layar yang diinginkan


Untuk menangkap zona layar yang diperlukan, umumnya pengguna smartphone bakal melakukan screenshot secara keseluruhan setelah itu crop gambar di bagian tersebut. Tetapi, fitur quick gesture di Oppo membolehkan pengguna untuk melakukannya dalam sekali tekan.

Triknya, kalian cuma butuh melekatkan 3 jari sekaligus selama kira-kira 1 detik pada area layar yang ingin ditangkap. Setelah itu bakal muncul area crop layar yang dapat kalian sesuaikan dengan keperluan. Gampang kan?

Screenshot melalui Smart Sidebar


Smart Sidebar pada smartphone Oppo mirip kayak Assistive Touch pada iOS yang berperan untuk melakukan tugas dengan jalan pintas. Smart Sidebar bakal selalu muncul di layar smartphone untuk mempermudah pengguna melakukan bermacam kegiatan seperti screenshot atau screen recording.
Cara Mudah Screenshot HP Oppo cara 1
Smart sidebar


Untuk mendapatkan Smart Sidebar di layar Oppo, kalian mesti terlebih dulu mengaktifkan fitur tersebut. Berikut caranya.
  1. Buka menu atau aplikasi Settings
  2. Cari dan pilih menu Convenience Tools
  3. Masuk ke menu Smart Sidebar
  4. Kemudian aktifkan fitur Smart Sidebar dengan cara menggeser toggle menjadi warna hijau
  5. Bakal muncul suatu garis putih hampir transparan di halaman homescreen
Sesudah aktif, umumnya panel Smart Sidebar bakal disembunyikan pada pojok kanan layar hp dengan sebuah tanda kotak kecil berwarna putih. Untuk membuka panelnya, kalian bisa mengarah kotak kecil tersebut dan berikutnya menyapu ataupun swipe dari kanan ke kiri layar memakai satu jari.

Akan ada bermacam-macam menu fungsi dan aplikasi yang dapat kalian kostumisasi sesuai dengan kebutuhan, salah satunya yaitu screenshot. Untuk mulai menangkap layar dari Smart Sidebar, kamu cukup buka sidebar dengan swipe berlawanan arah dari posisi awalnya, setelah itu pilih screenshot.

Screenshot layar panjang


Umumnya, untuk menyimpan informasi penting dalam chat ataupun situs, kalian bakal screenshot dari satu bagian ke bagian yang lain, secara satu per satu. Nah, dengan screenshot panjang, kalian dapat menangkap satu halaman situs atau chat panjang sekaligus dalam sekali tangkap.

Cara screenshot ini dapat dicoba baik dengan metode memencet tombol power dan volume down, swipe tiga jari atau lewat Smart Sidebar. Sesudah melakukan screenshot, bakal muncul hasil tangkapan layar kecil di bagian kanan. Tekan hasil tangkapan tersebut.

Pada menubar di bagian bawah, pilih opsi Scroll. Setelah itu scroll alias gulirkan halaman atau jendela sampai seluruh bagian informasi yang kalian butuhkan sudah masuk ke dalam screenshot tersebut. Sesudah itu tekan ikon check list di kanan bawah dan tekan ikon back pada pojok kiri atas untuk melanjutkan aktivitas.

Jadi seperti itu cara melakukan screenshot di HP Oppo, selamat mencoba ya!