Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri (Ghost Touch)

 Touchscreen smartphone yang bergerak sendiri biasa disebut dengan ghost touch. Permasalahan ini dapat dengan beberapa langkah yang akan dijelaskan di artikel ini.

Permasalahan semacam ini tentu sangat mengganggu, terlebih pada kamu sedang mengetik ataupun bermain game. Keadaan tersebut dapat lebih parah sampai layar tidak dapat merespon saat disentuh.

Saking mengganggunya, permasalahan ini bakal membuat smartphone Android tidak dapat digunakan. Sebab pada saat digunakan, layar HP bakal bergerak sendiri, entah itu bergerak ke atas, ke bawah, ataupun ke samping.

Penyebab Layar HP (Touchscreen) Bergerak Sendiri

Hampir seluruh merk ponsel Android rentan terhadap kendala ghost touch. Permasalahan semacam ini telah dijumpai di HP Realme, Asus, Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, dan lain sebagainya.

Sesudah diselidiki, terdapat beberapa hal yang membuat layar ponsel bergerak dengan sendirinya, antara lain:

  1. Layar sentuh bermasalah, dapat diakibatkan karena jatuh, tertekan, ataupun terbentur.
  2. Bug atau error pada sistem operasi Android.
  3. Smartphine mengalami overheat atau temperatur yang sangat panas.
  4. Permasalahan pada charger yang bukan original sehingga Android bakal mengalami ghost touch pada saat sedang dicas.
  5. Permasalahan pada baterai yang sudah usang.

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri
Gambar ilustrasi


Sesudah tahu kasus yang sering membuat Ponsel mengalami ghost touch, ini dia langkah-langkah penanganan yang dapat Kamu lakukan untuk mengatasinya.

1. Ganti Charger dan Kabel

charger smartphone

Tegangan listrik yang tidak normal sering membuat layar smartphone Android terpencet-pencet dan bergerak sendiri. Pada saat Kamu berusaha menyentuh layar, gerakannya bakal kacau dan tidak sesuai perintah.

Umumnya, hal ini terjadi pada saat Kamu memakai charger yang bukan bawaan dari Android. Hendaknya hentikan pemakaian charger dan kabel tersebut sebab dapat berakibat negatif.

Tidak hanya bisa menimbulkan ghost touch, hal tersebut pula bisa menyebabkan kerusakan baterai dan IC. Beberapa ponsel pula dapat meledak sebab tidak memakai charger original.

Tidak hanya charger yang wajib Kamu ganti, tapi juga kabelnya. Untuk memperoleh charger dan kabel asli, hendaknya beli di toko resmi brand HP, baik secara online ataupun offline.

2. Ganti Baterai

Cara atasi ghost touch
Batrai smartphone

Sudah memakai charger dan kabel original tetapi layar ponsel masih suka bergerak sendiri? Bisa jadi smartphone Kamu mengalami kendala kelistrikan sebab kerusakan pada baterai.

Permasalahan pada baterai ini pula diikuti dengan indikasi lain, yakni baterai boros. Persentase baterai yang tampak di layar pula kerap tidak sesuai dengan fakta.

Tidak hanya itu, baterai yang telah rusak juga sering menimbulkan ponsel sering seketika mati dan restart. Untuk menangani layar smartphone bergerak sendiri karena perkara ini, Kamu wajib mengganti baterai dengan yang baru.

Tetapi mesti diingat, selalu pakai baterai yang original. Jadi bila HP kamu memakai baterai tanam, maka kamu wajib membawanya ke servis HP.

3. Dinginkan Suhu HP

Ghost touch asus
smartphone android

HP yang mengalami overheat atau sangat panas menimbulkan bermacam permasalahan baru. Biasanya, performa hardware bakal menyusut dan membuatnya menjadi lemot. HP juga dapat restart sendiri karena keadaan tersebut.

Tidak berhenti di sana, keadaan HP yang overheat pula menimbulkan layar bergerak dengan sendirinya. Jika smartphone kamu mengalami ghost touch akibat panas, sebaiknya dinginkan terlebih dulu.

Cara untuk mengatasi layar HP bergerak sendiri pada permasalahan ini yaitu hentikan berbagai aplikasi yang berat atau bisa matikan ponsel untuk beberapa saat.

4. Ganti ROM

Cara atasi ghost touch xiaomi
Ilustrasi flashing rom android

Tidak hanya kasus hardware, software yang menyebabkan ghost touch, bug pula bisa menyebabkan ghost touch. Bug pada ROM ialah pemicu yang sangat sering dirasakan pengguna Android.

Tetapi, bug ini lebih sering timbul pada custom ROM, bukan ROM bawaan atau ROM yang masih beta (uji coba). Kasus touchscreen yang bergerak sendiri ini dapat diatasi dengan mengubah ROM atau sistem Android dengan yang baru.

Bila masih belum berhasil, coba flashing ulang HP dan install ROM original sesuai dengan pabrikannya. Unroot juga apabila tadinya kamu sempat melakukan rooting pada Android.

5. Cek Pelindung Layar

Cara atasi ghost touch iPhone
Ilustrasi anti gores

Menggunakan Anti gores dan tempered glass sangat sering digunakan untuk melindungi layar smartphonw dari goresan dan benturan. Tetapi di sekian banyak permasalahan, pelindung layar ponsel malah dapat menimbulkan ghost touch.

Hal tersebut terjadi karena pemasangan yang tidak cocok dan adanya kotoran atau debu yang mengganjal. Touchscreen bakal bergerak sendiri karena terdapatnya debu dan kotoran tersebut.

Penyelesaian dari kasus ini yaitu dengan melepas anti gores yang lama, bersihkan layar HP, setelah itu pasang anti gores yang baru. Kamu tidak dapat melakukannya sendiri? Bawa saja ke konter HP terdekat.

6. Bersihkan Layar

Ghost touch Realme
Ilustrasi membersihkan smartphone

Tahukah kamu jika layar smartphone yang kotor juga bisa menimbulkan ghost touch? Oleh karena itu, hendaknya Kamu bersihkan layar HP secara teratur.

Tujuannya yaitu untuk membuang minyak- minyak dan kotoran sehingga layar dapat disentuh dengan normal. Tidak hanya itu, kotoran yang melekat di layar smartphone tentu saja lumayan mengganggu bukan?

Untuk membersihkan layar, kamu bisa memakai tisu atau kain lap yang lembut. Pakai cairan pembersih juga biar hasilnya optimal.

Bila tidak memiliki cairan pembersih, pakai saja air biasa. Tetapi, jangan memakai terlalu banyak air yang berpotensi membasahi HP cuku basahi kain sedikit lalu sentuh bagian layar dengan kain tersebut.

Bila terlalu basah, dikhawatirkan air bakal masuk ke dalam HP dan menimbulkan kerusakan. Jadi, kamu harus berjaga-jaga untuk membersihkan touchscreen HP.

7. Factory Reset

Ghost touch Samsung
Ilustrasi factory reset

Cara mengatasi layar HP bergerak sendiri berikutnya yaitu melakukan factory reset. Cara ini merupakan alternatif terakhir apabila seluruh cara di atas telah dicoba tetapi belum membuahkan hasil.

Perlu diingat kalau melakukan factory reset bakal menghapus seluruh data yang terdapat di HP. Adapun data-data yang bakal hilang antara lain aplikasi, game yang terinstal dan file yang tersimpan di internal storage.

Jadi, saat sebelum melakukan factory reset sebaiknya backup data HP terlebih dulu. Sehabis itu, baru kamu bisa mulai lakukan factory reset lewat menu pengaturan.

8. Servis HP

Ghost Touch oppo
Ilustrasi service hp

Jika layar HP Kamu masih belum sembuh, alternatif yang terakhir yaitu membawanya ke service center. Upayakan untuk membawanya ke service center resmi.

Di situ, HP kamu bakal memperoleh penanganan yang tepat. Umumnya, HP bakal ditukar komponen touch screennya. Biayanya memang agak mahal, tetapi inilah salah satunya cara  terakhir untuk menghilangkan ghost touch di HP.

Jadi seperti itu cara untuk mengatasi ghost touch atau layar smartphone bergerak sendiri. Memang agak terlalu rumit namun cara diatas memang cukup efektif untuk mengatasi touchscreen yang mengalami ghost touch. Semoga bermanfaat ya

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri (Ghost Touch)"