Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi HP Android Bootloop

Kamu mengalami HP Android bootloop yang stuck logo ataupun mati total sehingga tidak dapat dihidupkan? Tidak perlu khawatir, sebab masih ada cara menanggulangi HP Android yang bootloop dengan gampang.

Permasalahan ini kerap ditemukan pada HP Android lawas. Umumnya, kendala ini terjadi pada saat HP telah digunakan sangat lama sehingga bootloop terjadi.

Kendala pada Android dapat terjadi pada software dan hardware. Tetapi, kasus yang sangat sering ditemukan terkait dengan aplikasi, salah satunya adalah bootloop.

Apa Itu Bootloop?

Cara Mengatasi HP Android Bootloop Xiaomi
Ilustrasi HP Android

Permasalahan ini lumayan menjengkelkan sebab Kamu tidak dapat lagi memakai Android. Bootloop bakal membuat Android tidak dapat booting sistem operasi, sehingga pada saat dinyalakan hanya berhenti di logo.

Apalagi di beberapa Android yang bootloopnya parah, HP cuma bergetar saja pada saat berusaha dinyalakan. Sedangkan layar tidak menampilkan apa pun.

Pada saat dicas juga tidak masuk, sehingga sebagian besar pengguna android yang mengalami perihal ini hanya dapat pasrah dengan kondisi HP Android mereka.

Ada beberapa hal yang bisa menimbulkan bootloop, antara lain:

  1. Proses rooting yang gagal
  2. Gagalnya pemasangan ROM
  3. Tidak berhasil pada saat melaksanakan flashing
  4. Infeksi virus
  5. Dan masih banyak lagi.

Jenis Bootloop

Ada tiga jenis bootloop menurut jenis dan kerusakannya, berikut ini jenis-jenis bootloop yang harus kamu ketahui

Light Bootloop

Jenis bootloop yang pertama ini masih terkategori ringan. Penyebabnya merupakan proses booting berlangsung begitu mendadak sehingga layar ponsel blank gelap selama beberapa saat.

Hal ini dapat terjadi karena sangat lama bermain game, kesalahan pada saat install aplikasi, dan gangguan pada sistem utama.

Medium Bootloop

Bootloop tipe kedua ini lebih berat dari yang pertama. Umumnya, medium bootloop terjadi pengguna berusaha melakukan modifikasi lewat recovery mode.

Contohnya yaitu melakukan rooting, install script tambahan, dan sebagainya. Karena apabila tidak dicoba dengan hati- hati, proses tersebut bakal gagal.

Dampaknya, Android bakal melakukan proses booting berulang. Hal inilah yang juga dapat disebut sebagai bootloop.

Hard Booting

Bootloop yang terakhir ini termasuk yang sangat parah. Penyebabnya yaitu pemasangan ROM baru yang gagal dan kegagalan saat pembaharuan sistem operasi.

Dampaknya, HP android tidak mau menyala, tidak dapat hidup dan dalam beberapa permasalahan hanya stuck di logo.

Cara Mengatasi HP Android Bootloop

Sesudah memahami penyebab dan jenis- jenisnya, Babang akan memberikan tutorial cara untuk mengatasi bootloop di Android, simak caranya berikut ini

1. Mengatasi Light Bootloop

Cara Mengatasi HP Android Bootloop Samsung
Ilustrasi sim card

Pada saat mengalami bootloop ringan, cara untuk mengatasinya cukup gampang. Bila masih dalam keadaan hidup, coba matikan fitur Android Kamu terlebih dulu.

Sesudah itu, lepaskan SIM card, SD card, dan baterai bila memungkinkan. Apabila Android Kamu memakai baterai tanam, maka baterai tidak perlu dilepaskan.

Setelah itu biarkan HP dalam kondisi seperti itu selama 30 menit sampai 24 jam. Sesudah melewati waktu tersebut, pasang kembali baterai, SIM card, dan kartu memori yang tadi dilepaskan.

Sesudah itu, hidupkan kembali Android seperti biasa. Lihat proses bootingnya, apakah masih sama seperti sebelumnya ataupun sudah normal?

2. Hapus Cache

Cara Mengatasi HP Android Bootloop Asus
Ilustrasi Hapus Cache

Mengatasi Android bootloop juga bisa dicoba dengan cara menghapus cache. Sebab tidak dapat masuk ke sistem Android akibat bootloop, Kamu harus memakai recovery mode untuk menghapus cache.

Untuk masuk ke recovery mode, caranya berbeda- beda pada setiap Android. Tetapi, cara yang sangat familiar yaitu memencet tombol power bersamaan dengan volume down.

Berikut cara menangani HP Android bootloop dengan hapus cache:

  1. Dalam kondisi mati, tekan tombol power bersamaan volume down selama beberapa detik.
  2. Tunggu hingga logo muncul dan lepaskan.
  3. Di layar bakal terlihat tampilan Recovery Mode.
  4. Kemudian pilih menu Advanced memakai tombol volume ke bawah lalu tekan tombol power untuk OK.
  5. Setelah itu pilih opsi Wipe-Dalvik Cache.
  6. Kemudian pilih menu Mounts Storage.
  7. Berikutnya pilih opsi Wipe cache.
  8. Tunggu prosesnya selesai dan restart HP.

Nah, saat ini kamu sudah berhasil menghapus cache dari HP Android. Saat ini kamu sudah bisa mengaktifkan kembali HP Android supaya dapat digunakan lagi.

3. Wipe Cache Partition

Cara Mengatasi HP Android Bootloop Oppo
Ilustrasi Wipe Cache Partition

Cara mengatasi HP Android bootloop selanjutnya masih memakai recovery mode, tetapi triknya sedikit berbeda. Sebab metode ini dilakukan untuk membersihkan cache partition pada Android.

Berikut ini cara untuk melakukan wipe cache partition:

  1. Tekan tombol power dan volume bawah selama beberapa detik sampai layar menunjukkan logo.
  2. Lepaskan tombol tersebut pada saat sudah berhasil masuk ke Recovery Mode.
  3. Pakai tombol volume untuk ke bagian bawah dan atas dan power untuk memilih.
  4. Pilih opsi Wipe Cache Partition.
  5. Bila muncul opsi untuk konfirmasi, pilih Yes.
  6. Bila proses berakhir, restart HP Android.

Sesudah proses pembersihan selesai, diharapkan HP tersebut bakal berfungsi normal kembali seperti semula.

4. Factory Reset atau Wipe Data

Cara Mengatasi HP Android Bootloop Realme
Ilustrasi factory reset

Masih gagal sesudah menerapkan seluruh cara di atas, mungkin Kamu harus menghapus segala data di smartphone dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik.

Untuk menerapkan langkah tersebut, lagi- lagi Kamu harus memakai Recovery Mode. Karena bootloop hanya dapat stuck di logo atau bahkan tidak dapat dinyalakan.

Tetapi, sebelum melakukan wipe data ataupun hard reset, hendaknya cadangkan seluruh data terlebih dulu. Alasannya, data- data tersebut bakal hilang sesudah prosesnya berakhir.

Simak cara mengatasi HP Android yang Bootloop dengan reset:

  1. Pertama, tekan dan tahan tombol power bersamaan dengan volume down beberapa detik.
  2. Sesudah masuk ke Recovery Mode, pilih menu Backup and Restore.
  3. Berikutnya pilih Backup.
  4. Bila sudah selesai, pilih Wipe Data/ Factory Reset.
  5. Jika ada konfirmasi, pilih Yes.
  6. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Sesudah selesai dan HP Android dapat digunakan kembali dengan normal, sehingga kamu dapat mengembalikan file backup atau cadangan yang telah kamu lakukan.

5. Flashing

Cara Mengatasi HP Android Bootloop LG
Ilustrasi flashing

Cara mengatasi HP Android bootloop yang terakhir yaitu install ulang firmware atau flashing. Langkah ini dilakukan untuk menginstal ulang firmware atau sistem operasi yang sama seperti semula.

Untuk melakukan flashing, Kamu membutuhkan Komputer dan file firmware yang cocok dengan merk dan tipe HP. File tersebut dapat didapatkan dengan mudah.

Kamu cuma perlu searching di Google dengan kata kunci "firmware( tipe HP)". Namun kamu harus memastikan kalau firmware tersebut cocok dengan tipe HP kamu.

Jadi seperti itu cara untuk mengatasi bootloop di smartphone Android, cukup mudah bukan? Jika sudah tahu cara untuk mengatasinya, kamu tidak perlu repot-repot keluar biaya untuk pergi tempat service HP. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi HP Android Bootloop"