Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mohon maaf kolom komentar di nonaktifkan untuk mempercepat loading blog ini, Trimakasih 🌚

Cara Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu

 Jika kamu ingin membeli HP Xiaomi baik itu yang baru maupun second sebaiknya sebelum membeli pastikan barang tersebut asli atau palsu (softcopy, hardcopy, dll).

Mengetahui smartphone Xiaomi asli atau palsu tentu sangatlah mudah, jadi jika kamu belum tahu bagaimana cara untuk mengecek Xiaomi, pada artikel ini Babang akan menjelaskan cara mudah cek HP Xiaomi asli atau palsu.

Seperti yang kalian tahu bahwa Xiaomi merupakan smartphone yang cukup populer di Indonesia selain harganya terjangkau juga memiliki spesifikasi yang cukup bagus sehingga di Indonesia banyak sekali Mi Fans garis keras (penggemar HP Xiaomi).

Karena saking larisnya di Indonesia, tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone ini juga terdapat produk palsu. Karena hal itu pihak Xiaomi sendiri juga berusaha untuk memberantas produk palsu. Sayangnya walaupun sudah diberantas masih saja beredar produk palsu tersebut.

Nah, untuk menghindarinya silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini

Cara Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu

Khusus untuk HP Xiaomi, terdapat banyak cara untuk verifikasi suatu smartphone merupakan produk asli ataupun bukan. Berikut Cara Cek HP Xiaomi asli ataupun palsu.

1. Xiaomi Verification Method

Cara Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu
Xiaomi Verification Method

Untuk menunjang penekanan persebaran produk palsu, Xiaomi meluncurkan tools khusus untuk melakukan verifikasi apakah suatu produk itu asli ataupun palsu yakni Xiaomi Verification Method.

Aplikasi ini dapat Kamu download lewat Mi Store. Tetapi sayangnya, beberapa pengguna memberi tahu bila Xiaomi Verification Method masih mempunyai banyak bug.

Umumnya tools ini bakal macet pada saat pengguna hendak mengecek smartphone Xiaomi yang digunakan merupakan produk asli ataupun bukan.

2. Cek Lewat IMEI

Cara Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu
Cek via IMEI

Produk palsu dari Xiaomi memang umumnya juga bakal menyertakan IMEI, tetapi nomor tersebut hanya sebagai formalitas saja alias palsu.

Berikut cara cek HP Xiaomi asli ataupun palsu dengan IMEI:

  1. Pertama, buka menu panggilan
  2. Setelah itu ketikan nomor *#06# kemudian tekan call.
  3. Nanti bakal muncul 20 digit nomor identitas IMEI
  4. Kamu harus menyalin alias copy kode IMEI tersebut.
  5. Sekarang, kunjungi halaman verifikasi Otentifikasi Produk Xiaomi.
  6. Masukan 20 digit nomor IMEI Xiaomi kemudian selesaikan captcha di bawahnya.
  7. Bila sudah, tekan tombol Verify.

Maka bakal muncul informasi tentang spesifikasi produk yang Kamu pakai.

Bila informasi tersebut sesuai dengan HP Xiaomi kamu, maka produk tersebut adalah asli. Tetapi bila produk tidak ditemukan, maka IMEI smartphone tidak terdaftar dan bisa jadi merupakan barang palsu.

IMEI ataupun nomor identitas suatu smartphone memang jadi cara yang sangat ampuh dan instan untuk mengetahui suatu smartphone merupakan produk asli ataupun palsu.

Hal ini karena validitas informasi bakal secara langsung dicek lewat web resmi Xiaomi sebagai produsen smartphone. Oleh sebab itu cara ini merupakan metode sangat efisien.

3. Sesuaikan Versi MIUI

Cara Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu
MIUI

Cara yang ketiga yaitu dengan cek ROM dari HP Xiaomi yang hendak Kamu cek asli ataupun palsu. ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory yang berarti adalah memori internal pada suatu smartphone.

Berikut triknya:

  1. Masuk ke menu Settings alias Pengaturan.
  2. Kemudian pilih menu About Phone.
  3. Setelah itu muncul MIUI Version dari HP tersebut.
  4. Catat versi MIUI tersebut kemudian cari melalui Google.
  5. Perhatikan apakah versi MIUI dan tipe HP cocok.

ROM dari Xiaomi sendiri mempunyai nomor unik yakni MIUI Version. Dan biasanya, HP Xiaomi palsu umumnya memakai custom Android ROM.

Hal ini dapat digunakan untuk membedakan apakah HP Xiaomi asli atau palsu. Sebab HP Xiaomi palsu tidak seharusnya berada pada sebuah tipe HP yang sesuai dengan keluaran Xiaomi.

4. Bandingkan Dengan yang Asli

Cara Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu
Membandingkan HP

Cara manual lain untuk cek suatu HP Xiaomi merupakan produk asli atau palsu yaitu dengan membandingkan keadaan fisik kedua perangkat.

Walaupun produsen produk palsu berupaya membuat produk semirip mungkin dengan yang asli akan tetapi tetap terdapat perbedaan.

Dari sekian banyak laporan yang dikutip media massa, umumnya logo Xiaomi palsu nampak lebih besar dari aslinya dengan warna logo yang berwarna sedikit buram.

Begitu pula dengan mutu kamera yang tidak menciptakan jepretan foto sesuai dengan kapasitas resolusi kamera.

Tetapi untuk menjalankan cara ini, akan lebih baik bila Kamu tadinya merupakan pengguna Xiaomi sehingga kamu menguasai karakteristik dari produk asli.

5. Pengecekan Performa HP

Cara Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu
Benchmark

Untuk uji performa dan cek apakah suatu HP Xiaomi asli atau palsu, Kamu dapat memakai bantuan aplikasi pihak ketiga yang dapat di install lewat playstore.

Berikut cara cek HP Xiaomi memakai bantuan aplikasi Antutu Benchmark:

  1. Unduh aplikasi Antutu Benchmark terlebih dahulu.
  2. Lakukan instalasi sesuai dengan panduan aplikasi.
  3. Bila sudah terpasang, tekan Install and Test untuk memulai.
  4. Tunggu sampai Kamu memperoleh skor dari uji performa Antutu Benchmark.
  5. Bandingkan skor perangkat kamu dengan rata-rata skor perangkat original.

Bila berbeda jauh dari rata-rata kemungkinan besar HP Xiaomi Kamu merupakan barang palsu.

HP palsu hanya dibuat dan didesain supaya sangat mirip dengan produk asli dari segi fisik dan tampilan. Tetapi dalam perihal performa, produk palsu memakai komponen dengan mutu yang lebih rendah daripada produk asli.

6. Bandingkan Harga

Salah satu upaya produsen HP palsu untuk menarik pengunjung yaitu dengan membuat harga jadi lebih murah dari aslinya. HP palsu biasanya lebih murah sebab tidak mempunyai komponen yang bermutu.

Misalnya saja Xiaomi Redmi Note 8 yang dibanderol pada pasaran dengan harga Rp3.299.000. Sedangkan dikutip dari berbagai media massa online harga Xiaomi Redmi Note 8 palsu cuma dijual dengan harga Rp1.200.000.

Perbandingan harga yang jauh ini merupakan salah satu karakteristik smartphone palsu. Jadi sebagai pengguna smartphone, ada baiknya untuk berpikir terlebih dahulu saat sebelum membeli HP yang sangat murah.

Jadi seperti itu cara untuk mengecek smartphone Xiaomi asli atau palsu, cukup mudah bukan? Nah, apabila kamu tidak ingin repot-repot mengecek HP Xiaomi asli atau palsu, sebaiknya kamu beli HP di Official Store (toko resmi). Sekarang untuk mencari Official Store sangatlah mudah, cukup kunjungi market place seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan marketplace lainnya. Dan disarankan sebelum membeli lihat terlebih dahulu review dan rating dari pembeli yang lain ya, semoga bermanfaat