Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memunculkan Kursor yang Hilang di Windows 7, 8, dan 10

 Rasanya tidak nyaman banget jika seketika kursor menghilang di laptop. Sementara itu, deadline sudah mepet serta file masih tersimpan di dalam memori laptop. Gimana ya cara memunculkan kursor yang hilang pada Windows?

Umumnya, kursor hilang terjadi pada saat kalian mulai menyalakan laptop atau komputer pertama kali. Layar Windows tidak mampu memunculkan kursor sehingga kalian kesusahan untuk mengolah data.

Saat ini kalian tidak perlu bingung, gaes. Soalnya, Babang sudah tahu gimana cara memunculkan kursor laptop yang hilang, nih.

Ingin tahu triknya? Ayo, ikuti penjelasan Babang untuk menampilkan kursor yang hilang pada Windows 7, Windows 8, serta Windows 10 berikut ini!

Penyebab Kursor Menghilang

Cara Memunculkan Kursor yang Hilang di Windows 7, 8, dan 10


Setiap ada asap tentu ada api yang menyertai, gaes. Hal ini pula berlaku untuk kursor yang tidak muncul di laptop kalian.

Nah, buat laptop yang menggunakan Windows, kalian juga dapat mengetahui beberapa pemicu yang kerap berkaitan dengan kursor hilang berikut ini.
  1. Driver mouse kalian sedang bermasalah.
  2. Laptop mengalami nge-hang karena sistem bermasalah.
  3. Mouse tidak dapat respon dari sistem.
  4. Touch Pad tidak berfungsi.
Bisa jadi kalian akan menemukan pemicu lain terkait permasalahan kursor hilang. Babang cuma menyebutkan keempat kasus di atas sebab sangat sering ditemui.

Cara Mengembalikan Kursor yang Hilang


Setiap pemecahan masalah tentu terdapat urutannya, gaes. Begitu pula untuk mengatasi kursor hilang di Windows.

Kali ini Babang akan memberikan penanganan kursor yang menghilang mulai dari metode sangat simpel sampai metode yang butuh perlakukan khusus pada laptop.

Yuk, ikuti hingga selesai serta pilih metode yang menurutmu sangat efisien untuk memperbaik kursor hilang di laptopmu!

Melakukan Restrart pada Laptop


Terdapat mungkin jika kursor tidak dapat terdeteksi pada saat sistem di laptop kalian tidak merespon. Cara gampang untuk menyegarkan sistem yaitu dengan me- restart komputer.

Berhubungan kursor kalian sedang tidak berfungsi, maka kalian harus memakai tombol keyboard. Kalian tinggal memilih cara restart laptop yang telah Babang siapkan berikut ini.
  1. Tekan tombol Alt+F4.
  2. Tekan tombol Power hingga laptop mati.
Babang menganjurkan kalian untuk memakai metode nomor 1 terlebih dahulu. Misalnya tidak memungkinkan, baru kalian pakai metode nomor 2.

Membuka Kunci Touch Pad

Cara Memunculkan Kursor yang Hilang di Windows 7, 8, dan 10


Untuk laptop keluaran terkini, umumnya sudah dilengkapi tombol pengunci touch pad. Posisinya terdapat pada sisi touch pad atau tombol keyboard dengan logo touch pad.

Kalian cukup mencari letak tombol tersebut. Atau, kalian juga dapat memakai tombol keyboard untuk mengaktifkan touch pad melalui langkah-langkah berikut ini.
  1. Cek tombol F1 sampai F12 untuk mencari logo touch pad.
  2. Tekan tombol touch pad+FN.
  3. Cek kembali kursor dii laptop.
  4. Cek Kondisi Mouse
Untuk mouse saat ini sudah dilengkapi dengan bluetooth sehingga kalian tidak perlu repot memakai colokan USB. Hanya saja, jika terjadi kursor hilang, maka kamu kemungkinan fungsi bluetooth pada mouse bermasalah.

Sementara itu, pada kursor yang tidak berfungsi pada saat memakai mouse USB, mungkin terdapat koneksi yang terputus pada kabel atau socket.

Solusinya, kalian dapat menggantinya dengan mouse baru. Sesudah itu, kalian dapat melakukan cek ulang kursor.

Update Driver Touch Pad atau Mouse

Cara Memunculkan Kursor yang Hilang di Windows 7, 8, dan 10


Tipe touch pad memiliki fungsi yang berbeda sesuai merk dan seri laptop yang kalian beli. Buat itu, melakukan pembaharuan driver pada touch pad juga memerlukan jenis driver yang berbeda.

Untuk mencari tahu tipe touch pad di laptopmu, kalian hanya tinggal googling merk dan seri laptop saja. Sesudah itu, kalian tinggal masuk ke situs resmi sesuai merk laptop.

Di situ, kalian bakal melihat tipe touch pad yang sesuai dengan Windows yang digunakan di laptopmu. Download saja driver yang sesuai dengan seri Windows (Windows 7, 8, atau 10) yang kalian pakai dengan klik ikon download.

Berikutnya, kalian tinggal melakukan reinstall driver dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka menu RUN dengan memencet tombol Windows+R.
  2. Ketik devmgmt.msc, setelah itu tekan tombol Enter.
    Cara Memunculkan Kursor yang Hilang di Windows 7, 8, dan 10

  3. Buka menu Mice and orther pointing devices dengan memencet tombol Tab, setelah itu pakai tombol Panah untuk mengarahkan.
  4. Tekan tombol Enter pada menu compliant mouse.
    Cara Memunculkan Kursor yang Hilang di Windows 7, 8, dan 10

  5. Sesudah tab terbuka, tekan tombol Update Driver.
  6. Tunggu beberapa saat, kemudian restart laptop.
Sesudah kalian selasai melakukan restart pada laptop, cek ulang apakah kursor sudah muncul secara normal. Nah, jika sudah normal, itu tandanya permasalahan kursor ada pada driver-nya.

Bawa Laptop ke Service Center


Pemecahan terakhir yang misalnya beberapa metode di atas tidak dapat menanggulangi permasalahan kursor hilang yaitu dengan meminta bantuan service center resmi sesuai merk laptopmu.

Barangkali saja sistem komputer yang berkaitan dengan fungsi mouse mengalami kerusakan. Ini menjadi bagian khusus buat para profesional di service center buat membantumu.

Jadi itulah cara mengatasi kursor yang menghilang di PC dan Laptop, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Memunculkan Kursor yang Hilang di Windows 7, 8, dan 10"