Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mohon maaf kolom komentar di nonaktifkan untuk mempercepat loading blog ini, Trimakasih 🌚

10 Cara Merawat Baterai iPhone Supaya Tetap Awet

10 Cara Merawat Batrai iPhone Supaya Tetap Awet
10 Cara Merawat Baterai iPhone Supaya Tetap Awet


Menjaga baterai iPhone sangat perlu dicoba untuk memperoleh manfaat yang optimal dari perangkat iPhone yang digunakan.

Fitur health battery yang dihadirkan Apple mulai dari iOS 11. 3 bisa mempermudah para penggunanya untuk mengetahui dan memantau kesehatan baterai pada perangkat Apple semacam iPhone. Nah, buat menjaga kesehatan baterai iPhone supaya tetap awet, maka butuh dicoba perawatan dan kerutinan baik dalam memakai iPhone yang kalian miliki. Berikut beberapa panduan dalam merawat baterai iPhone supaya lebih awet.

1. Memakai charger dan kabel original Apple.

Perihal utama yang sangat penting dalam menjaga baterai iPhone supaya lebih tahan lama yaitu dengan memakai charger original Apple. Bila charger bawaannya telah rusak ataupun hilang, sebisa mungkin membelinya di toko yang telah authorized Apple. Tetapi bila mau membelinya bukan dari pabrik Apple, memilih aksesori iPhone yang telah mempunyai sertifikasi MFI (Made For iPhone). Charger dan kabel yg tidak compatible dengan iPhone umumnya tidak cocok dengan voltase perangkat iPhone, sehingga lambat-laun menurunkan kesehatan malahan sampai merusak baterai.

2. Jangan tunggu hingga iPhone mati untuk melakukan pengisian daya.

Fitur iPhone umumnya memberikan notifikasi dikala daya baterai sisa 20%. Hendaknya segera lakukan pengisian daya pada iPhone disaat menerima notifikasi tersebut. Bila menunggu hingga perangkat mati dulu, maka bakal mempengaruhi pada pengurangan sel baterai iPhone. Bayangkan bila hal itu kerap dilakukan, maka lambat-laun sel baterai bakal habis.

3. Jangan menyimpan iPhone dalam kondisi baterai kosong sepenuhnya.

Bila iPhone disimpan dalam kondisi baterai yang betul-betul kosong sepenuhnya, maka beterai iPhone dapat masuk ke kondisi pengosongan dalam yang bisa membuatnya tidak sanggup menyimpan energi sama sekali. Bila ingin menyimpan iPhone dalam waktu yang lama, misalnya selaam 6 bulan, maka isilah daya perangkat sampai 50% tiap 6 bulan sekali.

4. Jangan mengisi daya baterai iPhone hingga 100%.

Membiarkan daya baterai iPhone terisi sampai 100% bisa menimbulkan daya tampung baterai lambat-laun menyusut, terlebih bila membiarkannya terus menerus terhubung dengan sumber listrik dalam kondisi baterai full 100%. Membiarkan iPhone dengan keadaan daya penuh untuk waktu yang lama malah bakal membuat baterai kehabisan sebagian kapasitasnya, dan berujung pada kekuatan baterai yang lebih pendek. Apple telah menanamkan fitur pengoptimalan baterai di iOS 13 yang bakal menghalangi pengisian daya hanya hingga 80% saja. Jadi, bila sedang berada jauh dari sumber listrik, pengisian baterai 80% itu telah lebih dari cukup.

5. Hindarkan iPhone dari suhu lingkungan yang ekstrem.

Perangkat iPhone dirancang untuk beroperasi dengan baik pada zona aman yang ideal dengan temperatur 16 sampai 22 derajat Celcius. Material iPhone yang berbahan metal atau kaca bisa menghantarkan panas dengan cepat, sehingga sangat penting untuk menjauhkan iPhone dari paparan suhu ekstrem yang lebih tinggi dari 35 derajat Celcius.

6. Jangan memakai iPhone sembari melakukan pengisian daya.

Bila tidak dalam kondisi terpaksa, hendaknya jauhi memakai iPhone sembari melakukan pengisian daya. Hal ini menimbulkan mesin iPhone jadi panas, IC charger, IC USB, dan pastinya baterai bakal rusak sebab mengharuskan iPhone bekerja lebih keras.

7. Jangan memakai iPhone bekerja hingga panas.

Tidak hanya menempatkan iPhone pada area dengan temperatur ekstrem dan memakainya sambil melakukan pengisian daya, memaksa iPhone untuk bekerja secara terus menerus sampai suhunya jadi panas juga tidak cuma bisa merusak baterai namun komponen-komponen lain pada iPhone juga bakal rusak.

8. Jangan mengisi daya iPhone di mobil.

Tegangan di mobil sangat tidak normal sehingga bisa merusak baterai iPhone. Bila dalam kondisi terpaksa, hendaknya lakukan pengisian daya pada mobil yang telah dilengkapi dengan inverter.

9. Batasi pengisian daya iPhone memakai power bank.

Power bank memang sangat menolong bila sedang dalam perjalanan dan daya baterai iPhone telah habis. Tetapi, perlu diketahui kalau power bank bisa membuat baterai iPhone jadi lebih boros. Jadi, sebisa mungkin mengurangi penggunaannya apalagi untuk digunakan sehari-hari.

10. Lepaskan casing tertentu disaat mengisi daya iPhone.

Mengisi daya perangkat iPhone disaat tertutup casing tertentu bisa menumpuk panas secara berlebih yang berdampak pada kesehatan baterai. Jadi, selalu ingat buat melepaskan iPhone terlebih dulu dari casing-nya disaat melakukan pengisian daya.

Kekuatan baterai merupakan jumlah waktu perangkat berfungsi saat sebelum perlu diisi daya. Masa pakai baterai merupakan jumlah waktu baterai bertahan sampai perlu diganti. Keduanya wajib dioptimalkan untuk memperoleh manfaat yang optimal dari perangkat yang digunakan, termasuk iPhone.

Sangat disayangkan bila kalian tidak sanggup menjaga sebuah perangkat yang telah dibeli dengan harga yang tidak murah. Jadi, mulai saat ini upayakan untuk menjaga baterai iPhone dengan kurangi kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang selama ini dilakukan. 

Sumber : https://m.brilio.net/creator/10-tips-merawat-baterai-iphone-agar-lebih-awet-d60da5.html