Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mohon maaf kolom komentar di nonaktifkan untuk mempercepat loading blog ini, Trimakasih 🌚

Cara Menghitung Keuntungan Investasi Reksa Dana

Cara Menghitung Keuntungan Investasi Reksa Dana
Begini Simulasi Cara Menghitung Keuntungan Investasi Reksa Dana dengan mudah


Walaupun dahulu terdengar tidak familiar, saat ini investasi reksa dana telah mulai jadi tren investasi semua kalangan, termasuk juga Millenials. Tetapi, masih banyak orang yang masih belum paham bagaimana cara  mudah menghitung keuntungan investasi reksa dana sehingga memunculkan rasa ragu untuk mengawali investasi satu ini.

Untuk bisa mengenali lebih dalam cara menghitung keuntungan dari investasi reksa dana, ikuti simulasi investasi reksa dana bawah ini:

Simulasi Cara Menghitung Keuntungan Reksa Dana


Disaat melakukan investasi reksa dana, yang investasi reksa dana yang ada beli dikenal dengan sebutan "Unit Penyertaan". Sebutan ini pula digunakan sebagai satuan kepemilikan reksa dana. Unit penyertaan mempunyai nilai- nilai, yakni NAB (Nilai Aktiva Bersih) dan NAV (Net Asset Value). Pertumbuhan dari nilai NAB inilah yang bakal memastikan naik serta turunnya nilai dari investasi reksa dana yang kalian miliki.

Supaya lebih jelas, ikuti simulasi perhitungan investasi reksa dana berikut ini:
  • Pada tanggal 1 Januari 2019, Kamu membeli Reksadana A sebesar Rp. 10.000.000. NAB / unit Reksadana A pada hari itu yakni Rp. 2.500. Maka unit penyertaan yang Kamu miliki yaitu 10.000.000 di bagi 2.500= 4.000 unit penyertaan.
  • Pada tanggal 1 April 2020, Kamu menjual seluruh Reksadana A yang Kamu miliki. NAB / unit Reksadana A pada hari itu yakni Rp 3.500. Hingga total investasi yang Kamu miliki yaitu 3.500 x 4.000 = Rp. 14.000.000
Dari simulasi reksa dana simpel di atas, keuntungan investasi Kamu yaitu Rp. 4.000.000, dapat disimpulkan return dari investasi reksa dana Kamu adalah 40%. Panduan simpel dalam investasi reksa dana yaitu selalu jual unit reksa dana hanya pada saat-saat NAB sedang melonjak naik.

Walaupun terdengar rumit, cara menghitung keuntungan dari investasi reksa dana bukanlah sesulit yang dibayangkan. Dengan simulasi reksa dana yang telah kita bahas, dapat disimpulkan juga kalau investasi reksa dana termasuk investasi yang mempunyai nilai keuntungan yang cukup menjanjikan.