Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online dan Offline dengan Mudah

Saat ini dokumen dengan format PDF jadi salah satu yang sangat banyak digunakan, paling utama untuk urusan publikasi resmi. Mulai dari perangkat Komputer / Laptop Windows Mac OS sampai Android, seluruhnya sudah sediakan aplikasi PDF reader buat membuka file dokumen PDF tersebut.

File Dokumen format PDF memang mempunyai banyak kelebihan dibanding dengan format file dokumen yang lainnya. Format tersebut bisa menampilkan teks dan gambar dengan sangat baik dan bisa diatur sedemikian rupa sehingga menyamai buku digital.

Sayangnya ukuran file dokuemen PDF ini umumnya memiliki ukuran yang jauh lebih besar bila dibanding dengan file Word dan file dokumen lainnya, apalagi jika file tersebut merupakan hasil scan. Ukuran yang besar tersebut pasti bakal menghabiskan kapasitas hard disk Kamu dengan cepat dan juga bakal memerlukan waktu lama untuk di upload ke internet.

Nah untuk Kamu yang kerap menghadapi permasalahan tersebut, kali ini Babang hendak membahas beberapa cara memperkecil ukuran file PDF dengan gampang. Cara yang dibahas di sini meliputi tutorial secara online dan juga offline tanpa menggunakan koneksi internet.

Memakai PDF Compressor

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online dan Offline dengan Mudah
Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online dan Offline dengan Mudah


Cara awal yang dapat Kamu coba yaitu melakukan compressing dengan program khusus. Salah satu program yang lumayan terkenal untuk keperluan ini yaitu PDF Compressor. Program tersebut ada dalam versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya bisa Kamu unduh di sini.

Program tersebut mempunyai tampilan yang simpel sehingga cukup mudah untuk digunakan. Kamu cuma tinggal memasukan file PDF yang mau diperkecil, kemudian lalukan beberapa pengaturan kualitas, dan mulai melakukan compressing.

Ada 3 macam tingkat kompresi yang ditawarkan oleh aplikasi PDF Compressor tersebut yaitu deafult, fastest, dan maximum. Bila Kamu mau ukuran file PDF yang sangat kecil, maka silahkan pilih tingkat maximum. Akan tetapi bila mau file dengan kualitas terbaik, maka silahkan pilih default.

Yang lebih menarik adalah program PDF Compessor ini melakukan proses konversi secara lossless dan bukan lossy. Maksudnya, gambar maupun teks yang terdapat di dalam file dokumen PDF yang dikompres tidak akan mengalami pengurangan kualitas secara signifikan.

Sebaliknya buat proses konversi dengan metode lossy, berbagai gambar yang terdapat di dalam file tersebut umumnya mengalami pengurangan kualitas malahan cenderung jadi blur. Tetapi ukuran filenya rata- rata akan menjadi jauh lebih kecil.

Memakai Program Online



Bila Kamu tidak ingin repot menginstal aplikasi di Komputer, maka Kamu bisa memperkecil dimensi file PDF secara online. Salah satu situs web yang sediakan layanan tersebut yaitu Docupub dengan fitur PDFCompress-nya yang dapat Kamu akses di link ini.

PDFCompress ialah suatu aplikasi website simpel yang bisa memperkecil bermacam tipe file PDF. Tetapi file yang mau Kamu ubah tidak boleh lebih dari 5MB. Aplikasi ini mempunyai pengaturan yang lumayan lengkap, termasuk pengaturan untuk mengatur kualitas gambar, dan kompabilitas dengan aplikasi Adobe Acrobat.

Bila tidak ingin repot dengan bermacam pengaturannya, maka Kamu bisa memilih secara langsung 4 tingkat kompresi yang ditawarkan ialah low, medium, high, dan maximum. Keempat opsi tersebut menawarkan kualitas hasil yang berbeda-beda.

Bila Kamu menginginkan tingkat kompresi sampai ukuran sangat kecil, maka silahkan pilih maximum compression. Pada tingkat tersebut, gambar yang terdapat di dalam file dokumen PDF tersebut bakal diturunkan kualitasnya sampai 90% sehingga ukuran filenya bakal berkurang secara signifikan.

Memakai Nitro



Tidak hanya Adobe Acrobat, Nitro pula jadi salah satu aplikasi PDF editor terbaik yang ada saat ini. Ada bermacam cara yang dapat Kamu lakukan buat memperkecil ukuran file dokumen PDF memakai aplikasi ini, mulai dari menghapus objek sampai mengkompres grambar.

Salah satu metode yang sangat gampang merupakan dengan menyimpan ulang file PDF tersebut. Dengan cara ini, kamu bisa membuat file dokumen PDF tersebut diatur untuk keperluan online sehingga ukurannya jadi kecil. Langkahnya sebagai berikut:
  • Buka file PDF
  • Klik File > Print
  • Pilih menu Nitro PDF Creator dari daftar printer yang terlihat
  • Klik tombol Properties
  • Pilih Web-ready Conversion Quality
  • Klik OK
Cara berikutnya merupakan dengan menghapus bermacam objek yang tidak dibutuhkan. Seperti kita tahu, suatu file PDF dapat mempunyai halaman, bookmark, link, sampai javascript di dalamnya. Nah, kita bisa menghapus bermacam objek tersebut supaya ukurannya jadi menurun. Triknya:
  • Buka file dokumen PDF > pilih File > Optimize PDF
  • Berpindah ke tab Object, kemudian silahkan pilih objek apa saja yang mau dihilangkan
  • Klik OK, kemudian klik Optimize
Cara memperkecil ukuran file dokumen PDF yang terakhir memakai program Nitro yaitu dengan mengurangi kualitas gambar yang terdapat di dokumen tersebut. Cara ini sangat sesuai untuk Kamu yang tidak begitu memperhatikan kualitas gambar di dalam file dokumen PDF tersebut. Triknya:
  • Buka file PDF > pilih File > OptimizePDF
  • Silahkan kamu pilih salah satu dari 5 macam kualitas gambar yang disediakan
  • Klik OK, kemudian klik Optimize

Mengubah Ke Dalam Bentuk ZIP/ RAR



Cara terakhir yang bisa Kamu coba merupakan dengan merubahnya ke dalam bentuk ZIP ataupun RAR. Metode ini sangat sesuai untuk Kamu yang mau mengirim file PDF via email tetapi tidak mau merubah kualitas dari file tersebut.

Ada banyak aplikasi yang bisa Kamu pakai untuk keperluan ini. Yang pertama yaitu memakai aplikasi ZIP bawaan Windows. Yang berikutnya yaitu memakai WinRAR yang bakal merubah ke dalam bentuk RAR, atau memakai 7- Zip yang bakal merubah ke dalam format 7z.

Untuk merubahnya ke dalam bentuk ZIP, Kamu cuma tinggal mengklik kanan pada file PDF- nya, setelah itu pilih opsi Send to Compressed (zipped) folder. Sebaliknya untuk bentuk RAR, silahkan klik kanan kemudian pilih opsi "add to archive". Pastikan Kamu telah menginstal aplikasi WinRAR terlebih dulu saat sebelum merubahnya ke dalam bentuk RAR.

Sebaliknya untuk format 7z, Kamu pula wajib menginstal terlebih dulu aplikasi 7-Zip. Format 7z bisa membuat file yang lebih kecil dibanding dengan ZIP ataupun RAR, tetapi masih jarang yang memakainya sehingga dikhawatirkan orang yang Kamu kirim file PDF tidak dapat membukannya.

Bila Kamu mengingkan ukuran file dokumen yang lebih kecil lagi, maka silahkan gunakan seluruh cara di atas. Langkah awal, silahkan kamu compress file dokumen PDF dengan memakai berbagai pilihan pada aplikasi Nitro, kemudian sesudah itu ganti jadi bentuk file ZIP, RAR, atau 7z.

Sesudah melakukan berbagai macam cara di atas, pastikan Kamu melihat kembali hasilnya dengan memakai aplikasi PDF reader populer seperti Adobe Reader dan Foxit Reader. Hal tersebut buat memastikan kalau orang lain juga bisa membuka file tersebut dengan baik. 

Posting Komentar untuk "Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online dan Offline dengan Mudah"

Berlangganan via Email