Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Oppo Reno 4 : Lebih Powerful, Fresh dan Banyak Fitur

  

Review Oppo Reno 4
Spesifikasi Oppo Reno 4

Oppo sudah konsisten dalam memproduksi seri smartphone dengan lini-lini yang lebih apik dan masing-masing mempunyai sasaran segmented.

Jajaran smartphone (HP) yang makin lengkap, membuat para gadget lover lebih banyak pilihan menarik. Untuk Oppo sendiri, apabila yang sedang mencari alternatf Find X series si flagship, seri Reno merupakan pilihan pas.

Walaupun tingkat premiumnya sedikit dikurangi semenjak Reno 2 untuk menonjolkan seri Find X, Reno series senantiasa mempunyai beberapa kelebihan menggoda. Termasuk jagoan baru, Oppo Reno 4.

Kelebihan Oppo Reno 4

Oppo Reno 4 membawa lumayan banyak transformasi dibanding pendahulunya, Oppo Reno 3. Mulai dari area hardware, fitur sampai desain. Menariknya, harga yang ditawarkan lebih murah. Ikuti beberapa kelebihannya berikut ini:

1. Chipset Canggih dan Powerful

Review Oppo Reno 4
Sumber: Qualcomm

Berbeda dengan prosesor MediaTek Helio P90 yang tersemat pada si "kakak" Reno 3, kali ini Oppo menyematkan "otak" yang lebih mutahir dan kencang untuk Reno 4. Ialah Snapdragon 720G buatan Qualcomm.

Dengan Snapdragon 720G, Reno 4 sanggup mencatatkan skor kurang lebih 280. 000, sedangkan Reno 3 dengan Helio P90 cuma menorehkan angka kurang lebih 200. 000. Jadi, soal performa Reno 4 mengalami kenaikan secara signifikan.

Tidak hanya performa yang lebih dahsyat, Snapdragon 720G pula dibentuk dengan proses fabrikasi yang lebih canggih dan efektif, yaitu 8 nanometer (nm). Sedangkan Helio P90 masih 12 nm.

Perihal tersebut terutama sangat diperlukan untuk kalian yang mengincar ponsel tangguh untuk diajak bermain game kesukaan.

2. Desain Fresh dan Berkarakter

Hal mencolok yang dapat dengan jelas nampak pada Reno 4 dibanding dengan pendahulunya tentu yakni dari sisi desain. Kamera vertikal yang berada di bagian belakang dengan bulatan tegas, dan opsi warna yang ikonik membuat smartphone ini lebih berkarakter.

Sedangkan Reno 3 mengusung desain yang banyak dipakai oleh smartphone Android kekinian, di mana desain dan rupanya sendiri terkesan menjajaki tren dari seri P30 dari Huawei.

Satu lagi yang unik dari tampilannya, ialah soal packaging. Disaat membeli Oppo Reno 4 kalian akan memperoleh boks unik yang colorful, berbeda dari yang lain.

3. Material Kuat dan Premium

Review Oppo Reno 4
Sumber: Oppo

Tampilan menarik yang dibawa Reno 4 juga ialah hasil dari pemakaian material premium yang menempel padanya. Bukan plastik, Penutup belakang smartphone ini malahan sudah kaca Gorilla Glass 3.

Tidak hanya itu, kaca bagian depannya terlindungi Gorilla Glass 5 yang juga buatan Corning. Belum cukup, frame Reno 4 juga dibentuk dari material metal supaya lebih kuat dan anggun.

4. Foto Memuaskan di Low-light

Walaupun Reno 3 juga dibekali dengan mode malam. Hasil foto gambar Reno 4 menjanjikan kualitas yang lebih baik dan rapi.

Ini dimungkinkan karena bukaan lensa yang sedikit lebih besar, penyempurnaan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan fitur image processing bawaan yang tersemat pada chipset-nya.

Sebagian fitur yang membantu menangkap foto jelas di malam hari pada Reno 4, ialah Night Flare Portrait (boleh di malam hari), Ultra Night Selfie dan Ultra Dark Mode.

Tidak hanya itu, walaupun resolusi kamera bawaannya cuma 48 megapixel (MP). Fitur ini dibekali fitur Ultra Clear Image yang membolehkan pengguna menjepret gambar beresolusi 108 MP!

5. Perekaman Video yang Spesial

Review Oppo Reno 4
Sumber: Oppo

Tidak cuma andal disaat mengambil gambar di keadaan sedikit cahaya, perekaman video memakai Oppo Reno 4 pula dapat lebih mengasyikkan berkat beberapa fitur keren.

Pertama, terdapat mode perekaman video AI Slow Motion yang sanggup menangkap 960 frame per second (fps). Di mana tadinya fitur ini cuma ada pada jajaran smartphone flagship beberapa waktu yang lalu.

Tidak hanya itu, terdapat Monochrome Video yang membolehkan warna objek dan latar dapat dipisahkan jadi berwarna berpadu hitam-putih. Dapat pula dicoba kebalikannya.

Satu lagi yang istimewa soal video, Reno 4 dilengkapi fitur Front Steady Video untuk kamera depan dan Ultra Steady Video 3. 0 berbekal electronic image stabilization (EIS) yang terbilang memuaskan.

6. Fitur Tanpa Sentuhan yang Helpful

Bisa jadi dirasa sepele, akan namun fitur Smart AirControl dapat sangat bermanfaat bila kalian tidak mau memegang ponsel saat lagi makan atau tangan kotor.

Terlebih, di tengah pandemi dan belum pernah cuci tangan. Ada baiknya memakai fitur ini dan menjauhi sentuhan langsung terlebih dahulu supaya ponsel tidak terserang bakteri.

AirControl berperan untuk menerima panggilan telepon secara lebih instan dan mendukung beberapa aplikasi media sosial terfavorit.

7. Storage Cukup dan Fast Charging

Review Oppo Reno 4
Sumber: Oppo

Soal penyimpanan, Reno 4 membawa kapasitas random access memory (RAM) dan memori internal yang sama seperti Reno 3. Yaitu 8 gigabyte (GB) berpadu 128 GB.

Kapasitas ini lumayan besar untuk penuhi kebutuhan pemakaian smartphone di masa saat ini dan terbilang cukup. Setidaknya sampai 2 tahun ke depan ataupun lebih.

Mengenai sumber daya, kapasitas baterai yang dibawa pula cukup besar, yaitu 4.015 miliampere hour (mAh). Dan support teknologi fast charging Oppo VOOC 4.0 berdaya 30 Watt (W).

Fitur pengisian cepat ini membuat baterai Reno 4 dapat terisi penuh cuma dalam waktu kurang lebih satu jam.

8. Harga Awal Lebih Murah

Saat sebelum perilisannya, banyak yang memperkirakan harga dari Oppo Reno 4 akan lebih mahal dibanding saudaranya saat pertama kali di luncurkan. Mengingat akan adanya beberapa kenaikan yang dibawanya dalam peluncuran.

Tetapi, nyatanya Oppo membanderol Reno 4 cuma sebesar Rp 4.999.000. Lebih murah Rp 200 ribu bila dibanding dengan Reno 3 yang dengan harga Rp 5.199.000 saat awal dirilis. Jadi, soal harga merupakan salah satu yang membuatnya menarik.

Kekurangan Oppo Reno 4

Walaupun membawa cukup banyak kelebihan mulai dari area desain, performa, fitur sampai harga. Reno 4 pula mempunyai beberapa ketidaksempurnaan yang butuh dimaklumi. Berikut ini kekurangan yang tidak dibawanya:

9. Absennya Lensa Telephoto

Review Oppo Reno 4
Sumber: Oppo

Salah satu perihal yang istimewa pada Reno 3 merupakan terdapatnya lensa telephoto di antara keempat kamera utamanya. Di mana saat ini sangat jarang ditemui smartphone menengah dengan tipe lensa tersebut. Sayangnya, Reno 4 tidak lagi membawa lensa zoom ini.

Walaupun tidak terdapat kamera dengan pembesaran optik, tetapi kualitas gambar Reno 4 yang menjanjikan dapat membuat kita memaklumi kekurangan tersebut.

10. Masih Tanpa NFC

Kekurangan Reno 3 yang juga dibawa Reno 4 yaitu keduanya bersama tidak mempunyai fitur near field communication (NFC). Oppo menyangka warga Indonesia masih banyak yang tidak membutuhkan konektivitas ini, jadi untuk menekan budget fitur lebih baik dihilangkan.

Spesifikasi Oppo Reno 4

  • Nama : Oppo Reno 4
  • Rilis : 6 Agustus 2020
  • Berat : 165 gram (g)
  • Material : Kaca belakang Gorilla Glass 3, Kaca depan Gorilla Glass 5, bingkai metal
  • Ukuran Layar : Super AMOLED, 6,4 inci (rasio layar ke bodi ~83,5%)
  • Resolusi Layar: 1.080 x 2.400 piksel
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 720G (8 nm)
  • Prosesor: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Kamera Belakang: 48 MP (f/1.7, lensa wide 26 mm, PDAF) + 8 MP (f/2.2, lensa ultrawide 119 derajat) + 2 MP (f/2.4, lensa makro) + 2 MP (f/2.4, depth sensor)
  • Kamera Depan: 32 MP (f/2.4, lensa wide 26 mm)
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • USB: USB Type-C, 2.0
  • Sensor: Accelerometer, gyro, proximity, compass, fingerprint (di bawah layar, optical).
  • Baterai: 4.015 mAh (fast charging 30W, VOOC 4.0)
  • Harga: Resmi Rp 4.999.000
Akhir Kata
Jadi itulah Review Oppo Reno 4, smartphone ini cocok untuk kalian yang mencari smartphone mid-range dengan performa yang unggul dan kamera yang mumpuni. Semoga review ini bermanfaat ya!

Posting Komentar untuk "Review Oppo Reno 4 : Lebih Powerful, Fresh dan Banyak Fitur"

Berlangganan via Email