Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mohon maaf kolom komentar di nonaktifkan untuk mempercepat loading blog ini, Trimakasih 🌚

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas, Mudah!

 
Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas
HP tidak bisa cas? Error? Begini cara untuk mengatasinya!

Tidak ada yang abadi di dunia ini, termasuk beragam tipe gadget yang kalian pakai. HP salah satu contohnya.

Bila kalian sudah memakai HP dalam jangka waktu sangat lama, tentu ada saja permasalahannya. Salah satu yang selalu terjadi yaitu indikasi HP tidak dapat dicas.

Nyatanya ini merepotkan banget, terlebih bila kalian lagi perlu banget berbicara dengan keluarga, sahabat kerja atau bahkan dalam keadaan darurat.

Terus, gimana cara menanggulangi baterai HP yang tidak dapat dicas? Tenang aja, penyebab dan solusinya telah Babang rangkum di bawah ini. Ikuti ulasannya!

Kenapa HP Tidak Dapat Dicas, Kok Bisa?

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas


Smartphone yang selalu digunakan buat kerja, chat, dan main game tentu akan cepat habis baterainya. Bila tidak lekas diperbaiki, aneka permasalahan bakal muncul, salah satunya merupakan HP tidak dapat dicas.

Tidak hanya itu, terdapat pula kasus di mana HP dicas tetapi tidak mengisi dan malah menurun daya baterainya. Kok bisa seperti itu? Gimana cara supaya HP dapat dicas?

Bersumber pada hasil penelitian Babang, terdapat beberapa aspek yang menimbulkan HP mu bermasalah, lengkap dengan penyelesaian sangat mudah dan anti ribet yang dapat kalian terapkan. Selamat membaca!

Penyebab HP Tidak Dapat Dicas


Biarpun gadgetmu termasuk dalam jenis HP berbaterai kapasitas besar terbaik, tidak bisa menjamin terbebas dari permasalahan teknis. Apalagi, bukan tidak mungkin kalian akan mengalami kasus HP tidak dapat di-charge secara normal.

Kira-kira, apa sih yang menimbulkan hal tersebut terjadi? Babang telah rangkum beberapa penyebabnya secara singkat di bawah ini.
  1. Error pada Sistem HP: Sistem HP mu tidak dapat mengetahui besaran daya baterai. Misalkan indikator menampilkan isi baterai 90%, tetapi nyatanya realitanya malah menurun dan mendadak mati.
  2. Port Charger Rusak: Misalkan saja IC charger pada HP mu rusak, maka jelas aja HP mu tidak akan bisa ngecas dengan maksimal.
  3. Baterai Rusak: Bila baterai rusak, entah itu terbakar ataupun mengembung, sudah pasti tidak akan dapat dicas dengan baik.
  4. Kabel atau Kepala Charger Rusak: HP dicas malah menurun dayanya? Bisa jadi karena kabel ataupun kepala chargernya rusak. Mau tidak mau wajib diperbaiki atau diganti, guys.

Cara Mengatasi HP Tidak Dapat Dicas


Siapa yang tidak jengkel bila smartphone habis baterai, eh pas ingin diisi ulang malah tidak bisa? Buat kalian yang ingin tahu solusi HP tidak dapat dicas, kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Silakan disimak dan dipraktekkan sesuai masalahmu, ya!

1. Restart Smartphone

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas


Cara memperbaiki HP yang tidak dapat dicas pertama yaitu dengan merestart dan menghidupkannya kembali.

Cara ini efisien untuk membersihkan cache yang menumpuk di RAM. Sebab bukan tidak mungkin HP kalian tidak dapat di-charge gara-gara RAM sesak.

Tidak hanya itu, dengan merestart smartphone, kalian memberi peluang pada HP mu untuk memprogram ulang sistemnya yang bisa jadi error.

2. Kalibrasi Baterai

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas


Sudah di-restart, tetapi ternyata baterainya tidak meningkat? Bila HP telah dicas tetapi tidak mengisi, dapat jadi battery meter smartphone kalian error, guys.

Buat mengatasinya, silakan lakukan kalibrasi baterai. Dengan melakukan kalibrasi, kalian akan menstimulasi baterai supaya kembali ke siklus awalnya, sekalian untuk me-reset _battery meter_ smartphone yang error.

Bagaimana triknya? Kalian dapat mengikuti panduan singkat di bawah ini. Tenang, tidak perlu gunakan root atau aplikasi apapun, kok!
  1. Silakan pergunakan HP mu sampai baterainya habis dan mati sendiri.
  2. Jika sudah mati, nyalakan lagi. Kemudian, biarkan HP mati lagi dengan sendirinya.
  3. Sambungkan HP mu ke charger tanpa menyalakannya. Biarkan proses pengisian daya berlangsung sampai layar atau indikator LED menampilkan 100 persen.
  4. Jika sudah hingga 100%, lepaskan charger, kemudian nyalakan HP seperti biasa.
Selesai! Baterai HP mu telah terkalibrasi secara manual. Cara mengatasi HP yang tidak dapat dicas ini bisa works 100% kok, selama memang yang bermasalah merupakan sistem smartphone mu sendiri.

3. Pakai Adapter Charger Bawaan

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas


Bila kalian selalu memakai charger yang bukan bawaan smartphone, tentu sempat mengalami permasalahan baterai tidak dapat di-charge.

Maka, cara supaya HP dapat dicas selanjutnya yaitu memakai adapter charger smartphone bawaan. Bila nyatanya gagal, coba untuk mengubah adapter charger smartphone kalian dengan yang Ampere yang lebih besar.

4. Bersihkan Lubang Charger & Port USB

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas


Debu yang menumpuk atau posisi port USB yang longgar pula dapat jadi pemicu smartphone tidak dapat diisi ulang.

Solusinya, silakan coba tiup port USB smartphone. Kalian juga dapat mendorongnya memakai tusuk gigi atau lidi untuk mengembalikan posisi port USB ke semula apabila longgar.

5. Cas HP dari Sumber Listrik yang Benar

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas


Pastikan sumber energi yang digunakan untuk mengisi smartphone kalian memang mencukupi. Bila ternyata lebih rendah daripada angka yang tertera di adapter, normal bila HP tidak dapat dicas.

Apalagi, mengisi ulang smartphone dengan sumber energi yang rendah akan membuat baterai HP cepat rusak. Makanya, kurang-kurangin mengisi daya baterai smartphone melalui laptop atau PC ya!

6. Pakai Desktop Charger alias Charger Kodok

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas


Sudah pasti adapter charger atau port USB smartphone kalian yang bermasalah? Maka salah satu cara supaya HP dapat dicas yaitu dengan membeli desktop charger.

Charger ini bakal bisa kalian pakai sebagai alternatif charger bawaan, apalagi jikalau charger-mu terus bermasalah dan tidak dapat diperbaiki secara manual.

Sayangnya, Babang secara pribadi tidak terlalu merekomendasikan penggunakan charger cas kodok kecuali dalam hal darurat. Berikut sebabnya!
  • Hanya Bisa di Baterai yang Bisa Dilepas: Buat memakai charger model ini, kalian wajib melepas baterai HP. Sebab mayoritas HP zaman sekarang baterainya tidak dapat dilepas, maka poin ini jadi tidak penting.
  • Proses Charging Lebih Lama: Proses pengisian daya di charger cas kodok memakan waktu lebih lama dibanding ngecas pada umumnya.

7. Membawa ke Service Center

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas


Sudah berupaya aneka solusi HP dicas tetapi tetap tidak mengisi daya secara maksimal? Tidak ada cara lain selain membawanya ke service center terdekat, guys.

Beberapa permasalahan menunjukkan adanya notifikasi di HP berbunyi, "Unable to charge, please contact our after-sales service", maksudnya HP mu sudah tidak dapat mengisi daya dan wajib diperbaiki secara profesional di gerainya langsung.

Sesungguhnya, cara ini jauh lebih terjamin dan Babang sarankan. Mengapa? Sebab HP kita terjamin mendapat perawatan dan perbaikan optimal oleh vendornya langsung.

Andaikan terdapat kesalahan saat proses reparasi, mereka tentu bertanggung jawab dan memberikan jaminan terbaik, salah satunya yaitu menukarkan dengan HP baru yang terjamin keasliannya.

Akhir Kata
Jadi seperti itu cara untuk mengatasi smartphone / handphone yang tidak bisa di charger dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
Jika kalian punya cara yang lebih ampuh bisa dituliskan dikolom komentar ya!