Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mohon maaf kolom komentar di nonaktifkan untuk mempercepat loading blog ini, Trimakasih 🌚

Cara Bermain Saham dengan Modal Kecil untuk Pemula

Perdagangan Saham Pemula


Cara bermain saham dengan modal kecil dapat diterapkan untuk para pemula. Sejarah menunjukkan kalau berinvestasi dalam saham merupakan salah satu cara sangat menguntungkan untuk membangun kekayaan dalam jangka panjang.

Penjual saham wajib mengatur waktu pasar mencari kesempatan untuk membeli saham dengan harga rendah dan menjualnya dengan harga mahal. Publik bisa membeli saham biasa di bursa efek via broker. Di Indonesia, pembelian saham wajib dilakukan atas kelipatan 100 lembar ataupun disebut pula dengan 1 lot.

Sebagian orang masih berpikir berinvestasi dengan saham sangatlah rumit dengan menghasilkan banyak uang. Mereka berpikir cara bermain saham dengan modal kecil merupakan perihal yang mustahil. Sementara itu, bila dipahami dengan betul, investasi saham dapat cukup mudah. Cara bermain saham dengan modal kecil dapat dicoba siapa saja.

Cara bermain saham dengan modal kecil dapat menolong kamu menabung untuk masa depan. Cara bermain saham dengan modal kecil memanglah membutuhkan kesabaran dan kecermatan.

Berikut ini cara bermain saham yang dikutip dari Liputan6

Pilih sekuritas dengan biaya kecil

Perdagangan Saham Pemula

Perusahaan Sekuritas sendiri merupakan perusahaan yang sudah mendapat izin usaha dari OJK untuk bisa melaksanakan aktivitas usaha sebagai Perantara Pedagang Efek, Penjamin Emisi Efek, ataupun aktivitas lain yang sesuai dengan syarat yang sudah diresmikan oleh Pengawas Pasar Modal.

Cara trading saham dengan modal kecil sesi awal kalian butuh membuka rekening efek di perusahaan sekuritas ini. Di rekening ini nantinya kalian akan menyetor uang. Dengan uang ini kalian dapat membeli saham yang kalian inginkan.

Untuk kalian yang ingin bermain saham dengan modal kecil, kalian dapat memilih perusahaan sekutitas yang memperbolehkan setorang awal paling tidak di bawah Rp 5 juta.

Kalian pula perlu memikirkan biaya transaksi yang ditawarkan. Biaya ini meliputi biaya pembelian dan penjualan saham. Misal, terdapat perusahaan sekuritas yang mematok biaya 0,20 persen untuk pembelian dan 0,25 persen untuk pembelian. Di sini kalian dapat mulai memilih perusahaan sekuritas yang menawarkan biaya transaksi paling rendah.

Manfaatkan aplikasi trading

Perdagangan Saham Pemula


Saat ini kalian dapat berinvestasi saham dengan mudah lewat smartphone. Sudah banyak aplikasi trading saham yang dapat diunduh gratis di Play Store dan AppStore. Dengan aplikasi ini kalian dapat melakukan online trading kapan pun dan di mana pun.

Aplikasi ini umumnya disediakan oleh perusahaan sekuritas tempat kalian membuka rekening efek. Pastikan kalian memilah perusahaan sekuritas yang telah menyediakan aplikasi online trading.

Pilih perusahaan publik yang tepat

Perdagangan Saham Pemula


Pastikan kalian berinvestasi saham pada perusahaan publik yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kalian dapat mengunjungi halaman BEI untuk mengetahui perusahaan mana saja yang membuka sahamnya pada publik. Kalian dapat memilih perusahaan BUMN yang menawarkan saham modal kecil.

Perusahaan seperti BUMN ini mempunyai reputasi baik dan risko rendah untuk mengalami penurunan. Jangan memilih saham perusahaan yang nilainya naik turun. Jenis saham seperti ini bisa mudah dimanipulasi investor dengan modal besar.

Pilih satu atau dua perusahaan publik

Perdagangan Saham Pemula


Cara bermain saham dengan modal kecil untuk pemula yaitu memilih saham dari perusahaan besar yang telah dikenal publik. Kalian dapat mencari saham dengan harga di bawah Rp 1000 perlembarnya. Sebagai pemulaan, satu atau dua saham perusahaan saja sudah cukup. Cara bermain saham dengan modal kecil ini bermanfaat untuk memperkecil resiko kegagalan.

Kalian dapat membuka halaman Bursa Efek Indonesia yang menyeleksi perusahaan yang sudah terdaftar. Kalian dapat memilih perusahaan mana yang bagus kinerjanya dan sesuai dengan modal yang kalian punya. Bila kalian telah cukup berpengalaman kalian dapat mulai memberi beberapa saham lainnya.

Pantau pergerakan ekonomi

Perdagangan Saham Pemula


Cara bermain saham dengan modal kecil yang cukup penting adalah memantau pergerakan ekonomi dalam dan luar negeri. Dengan mengenali situasi pasar saham, kalian akan dapat memprediksikan pergerakan saham yang kalian miliki.

Bila keadaan pasar sedang normal, kalian dapat mulai untuk berinvestasi saham baru. Sebaliknya, bila keadaan pasar sedang memburuk kalian dapat menahan diri untuk membeli atau menjual saham. Memahami sentimen pasar juga penting dilakukan. Sentimen pasar juga bisa menjadi faktor naik turunnya saham.

Pilih indeks saham yang tepat

Perdagangan Saham Pemula


Indeks saham merupakan portofolio imaginer yang mengukur perubahan harga dari suatu pasar atau sebagian dari pasar tersebut. Pada saat indeks saham bergerak naik, berarti harga sebagian besar saham-saham yang diukur oleh indeks tersebut bergerak naik. Sebaliknya, apabila indeks saham bergerak turun, maka sebagian besar saham-saham konstituen indeks bergerak turun.

Untuk kalian para pemula, kalian dapat memilih saham-saham yang tergabung dalam pada indeks LQ45 atau IDX30. Indeks LQ45 merupakan indeks yang mengukur performa harga dari 45 saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar dan didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Sedangkan Indeks IDX30 merupakan indeks yang mengukur performa harga dari 80 saham- saham yang mempunyai likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar dan didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Sumber: Liputan6.com