Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati, Bisa dipakai Lagi!

Pada dasarnya, seluruh kartu layanan seluler mempunyai masa aktif nomornya dalam jangka waktu yang terbatas. Bila kartu tersebut tidak sering digunakan ataupun tidak diisi pulsa dalam waktu tertentu, maka ada kemungkinan kartu akan dinonaktifkan.

Perihal tersebut juga terjadi pada kartu Telkomsel. Pasti kejadian mati / hangusnya nomor teleponmu ini sangat mengganggu komunikasimu, entah dengan keluarga, gebetan, ataupun rekan kerjamu sendiri.

Nah, kira-kira apa yang wajib dicoba apabila terjadi hal demikian? Ada gak sih cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang telah mati? Tenang bro, jawabannya bisa! Ikuti pembahasan Babang ikut di bawah ini!

Ciri-Ciri Kartu Telkomsel Mati / Hangus

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus
Sumber foto: caranecom

Mengapa sih kartu Simpati Telkomsel dapat hangus dan tidak dapat digunakan lagi? Seperti yang telah Babang jelaskan di atas, kartu layanan seluler mempunyai masa aktif yang terbatas.

Tentu saja, masa aktifnya dapat diperpanjang bila kalian membeli dan mengisi pulsa dalam jumlah tertentu, umumnya mulai dari 7 hari, 14 hari, 1 bulan, 3 bulan, malahan sampai 1 tahun, tergantung jumlah nominal isi pulsa.

Nah, bila kalian tidak mengisinya dengan pulsa, umumnya kartu ataupun SIMcard tersebut bakal memasuki masa tenggang. Bila hingga masa tenggang kalian belum mengisinya dengan pulsa, maka provider seluler, dalam hal ini Telkomsel, tidak memiliki opsi lain selain menonaktifkannya.

Seperti apa sih ciri-ciri kartu Telkomsel telah tidak aktif lagi? Berikut ini tanda yang paling terlihat.
  • Tidak dapat melaksanakan ataupun menerima panggilan telepon.
  • Tidak dapat mengirim dan menerima SMS.
  • Sinyal lenyap, umumnya bakal muncul gambar silang pada ikon sinyal operator.
  • Kartu SIM tidak terbaca oleh perangkat smartphone, umumnya tidak akan muncul ikon sinyal operator apapun.
  • Kartu nomor yang mati pastinya bakal membuat kalian kerepotan, terlebih bila nomor kontakmu masih tersimpan di SIMcard tersebut.

Nah, terus gimana sih cara mengaktifkan kartu Simpati Tsel yang telah mati? Babang bakal jelaskan triknya secara ringkas di bawah ini. Silakan dibaca baik-baik ya supaya tidak salah dan ter-PHP!

Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Telah Mati (Cara Terbaru tahun 2020)


Apakah kartu perdana Telkomsel AS Simpati yang telah mati, tidak aktif, hangus, ataupun terblokir masih dapat diaktifkan lagi? Babang bakal menanggapi IYA BISA. Hanya saja, metode mengaktifkannya berbeda tergantung penyebab kartumu hangus alias mati.

Tentu saja, cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang mati karena tidak diisi pulsa dalam waktu lama bakal berbeda dengan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang mati terblokir.

Terus, gimana cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang telah mati? Berikut panduan pengaktifan kartu SIMcard Simpati Telkomsel yang dapat kalian simak.

1. Masa Tenggang Kurang dari 15 Hari
Cara MENGAKTIFKAN kartu Telkomsel yang sudah mati ke grapari
Sumber foto: Liputan 6

Berdasar hasil penelitian yang dicoba Babang, sepanjang kartumu masih memasuki masa tenggang kurang dari 15 hari, maka kartu Telkomselmu masih dapat diaktifkan lagi.

Bila telah lebih dari 15 hari tetapi masih belum genap sebulan pasca masa tenggang, maka kemungkinan nomor tersebut diaktifkan menjadi lebih kecil. Tetapi masih bisa kok, dengan syarat kalian menyebutkan alasan urgent-nya mengapa, bro.

Bila telah lebih dari sebulan alias melewati masa tenggang, maka kartu nomor Telkomselmu tidak akan dapat diaktifkan lagi sebab telah terhapus by system, ingin alasan apapun itu. Mau tidak mau, kalian wajib membeli kartu perdana baru.

2. Hubungi Call Center Telkomsel
Cara MENGAKTIFKAN kartu Telkomsel yang sudah mati Tanpa modem
Sumber foto: ngidam

Seperti yang Babang bilang di atas, bila nyatanya masa tenggang kartu Telkomselmu masih kurang dari 15 hari, maka kalian dapat mengaktifkannya. Triknya, kalian hubungi dahulu Call Center Telkomsel di nomor 0807 1 811 811 atau juga bisa di 188.

Nantinya, kalian dapat menjelaskan permasalahanmu dengan rinci kepada customer service (CS) yang melayani. Step ini dapat dicoba, terlebih bila kalian masih belum pernah ke GraPARI terdekat.

Umumnya, CS Telkomsel tetap akan memintamu untuk datang ke GraPARI untuk mengurusnya secara langsung. Tetapi, dengan menelepon CS Telkomsel, kalian dapat memberitahu pihak provider lebih awal kalau nomormu yang tidak aktif itu masih dipakai dan akan diaktifkan secepatnya.

3. Pergi ke GraPARI Telkomsel
Cara MENGAKTIFKAN nomor yang hangus
Sumber foto: Selular.ID

Sama seperti kalian ingin upgrade ataupun ganti kartu Telkomsel dari 3G ke 4G, kalian wajib pergi ke GraPARI Telkomsel untuk mengurus kartu nomormu yang tidak aktif. Jadi, tidak ada cara lain untuk mengaktifkan kartu Simpati Tsel selain datang ke GraPARI ya, bro!

Apa saja yang perlu dibawa? Cukup membawa KTP dan Kartu Keluarga, mengingat umumnya pihak provider bakal mencocokkan datamu atau meregistrasikannya sesuai dengan peraturan Pemerintah.

Layanan ini dapat kalian miliki secara cuma- cuma, kecuali bila kalian terpaksa mengurus kartu perdana baru akibat nomor lamamu telah memasuki masa tenggang dengan membayar Rp25.000,00.

Apakah Ada Cara Lain?

Babang juga pernah menemukan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang telah mati dengan modem. Tetapi, sehabis Babang riset, nyatanya metode ini tidak berhasil, geng.

Akhirnya, satu-satunya cara untuk menyelamatkan kartumu cuma dengan menghubungi provider Telkomsel secara langsung. Tidak bisa dengan cara yang lain.

Maka dari itu, Babang ingatkan supaya kalian terus memperpanjang masa aktif kartu Telkomselmu. Tidak ingin kan kalian kerepotan banget sebab nomormu tidak aktif dan tidak dapat dipakai untuk berkomunikasi?

Akhir Kata
Jadi itulah cara untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus / mati. Semoga langkah-langkah diatas bisa membantu ketika nomor Telkomsel kamu hangus karena lupa mengisi pulsa.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati, Bisa dipakai Lagi!"

Berlangganan via Email