Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mohon maaf kolom komentar di nonaktifkan untuk mempercepat loading blog ini, Trimakasih 🌚

Cara Mudah Cek IMEI Resmi atau Ilegal Semua Jenis HP Lengkap!

Cara Mudah Cek IMEI Resmi atau Ilegal Semua Jenis HP Lengkap!
Source: Google Image
Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak merk-merk HP bermunculan, seperti Nokia, Samsung, Xiaomi, Apple, Huawei, LG, Realme, Oppo, Vivo dan masih banyak lagi.

Baru-baru ini pemerintah membuat kebijakan akan memblokir semua smartphone ilegal atau barang black market, atau lebih jelasnya adalah IMEI yang tidak terdaftar di kemenprin.

Tapi sebelum membahas cara cek IMEI resmi atau ilegal, ada baiknya kamu tahu lebih dahulu apa pengertian IMEI.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang artinya nomor identitas unik yang diberikan ke smartphone / HP secara Internasional. Maksudnya adalah setiap smartphone yang dibuat memiliki IMEI yang berbeda dengan smartphone lainnya.

Untuk mengetahui apakah smartphone kamu resmi atau ilegal, kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini

Langkah:
1. Pertama, kamu cek terlebih dahulu IMEI di HP kamu dengan cara masuk ke panggilan lalu ketikan *#06# (semua jenis HP sama saja)

2. Nanti akan muncul IMEI dari smartphone kamu, silahkan copy nomor IMEI tersebut, jika ada dua pilih salah satu saja.
3. Sesudah itu, silahkan akses situs kemenprin melalui browser kamu atau bisa KLIK Disini.

4. Kemudian, paste atau masukan kode IMEI yang sudah kamu salin sebelumnya di kolom yang di sediakan kemudian klik Simpan.

5. Nanti akan muncul detail dari distributor mana jika ponsel kamu adalah resmi, namun jika ilegal maka tidak akan muncul detail distributornya.

Jika smartphone kamu resmi, maka kamu tidak perlu khawatir untuk diblokir oleh kominfo. Proses pemblokiran ponsel ilegal akan mulai dilakukan pada bulan Agustus 2019. Setelah ponsel terblokir maka tidak bisa digunakan untuk telepon maupun internet. Hal ini dilakukan supaya mengurangi peredaran barang-barang black market tidak bayar cukai yang bisa merugikan negara.

Jadi itulah cara cek IMEI di kemenprin dengan mudah, semoga bermanfaat.