Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mohon maaf kolom komentar di nonaktifkan untuk mempercepat loading blog ini, Trimakasih 🌚

Cara Mudah Cek NISN SD, SMP, SMA secara Online (Update 2024)

NISN atau biasa dikenal dengan Nomor Induk Siswa Nasional adalah sebuah nomor kode yang diberikan pemerintah kepada siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku seumur hidup, artinya setiap siswa mempunyai NISN yang berbeda-beda di seluruh Indonesia baik yang sekolah di dalam negeri maupun luar negeri.

Cara Mudah Cek NISN SD, SMP, SMA secara Online

NISN diberikan kepada seluruh siswa atau peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang mempunyai NPSN dan sekolah tersebut terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Akan tetapi, sebagian siswa terkadang tidak mengetahui NISN-nya sendiri karena mungkin kesalahan orang tua pada saat pendaftaran ulang atau juga bisa karena kelalaian pihak sekolah. Karena NISN siswa tidak tercantum di raport maupun di absensi.

Jadi, karena hal tersebut banyak kasus kelas 9 dan kelas 12 tidak bisa mengikuti UN karena tidak ada NISN. Sebenarnya seluruh siswa di Indonesia pasti mempunyai NISN masing-masing, akan tetapi mungkin karena kelalaian orang tuanya atau pihak sekolah, sehingga NISN siswa tersebut terlewatkan.


Namun, kamu tidak perlu khawatir. Karena Kemendikbud sudah memudahkan kamu untuk mengtahui NISN yang kamu miliki. Ada dua cara untuk mengetahuinya, pertama kamu bisa mengunjungi langsung kantor Kemendikbud atau menggunakan cara yang kedua yaitu melalui Online dengan akses Internet.

Lalu bagaimana cara mengetahui NISN secara online? Jika kamu belum tahu, Babang akan bagikan tutorialnya.

1. Langkah pertama, buka situs Kemendikbud melalui browser HP atau PC yang biasa kamu gunakan. Silahkan akses https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/caribynama/

2. Selanjutnya klik menu Pencarian Nama.
Cara Mudah Cek NISN SD, SMP, SMA secara Online Terbaru

3. Sesudah itu, masukan Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir dan Nama Ibu.
Cara Mudah Cek NISN SD, SMP, SMA secara Online Legkap

4. Jika sudah memasukan data diri dengan benar, silahkan klik Cari.
Panduan Cara Mudah Cek NISN SD, SMP, SMA secara Online

5. Tunggu sampai proses pencarian selesai, nanti akan muncul NISN yang kamu cari.
Tutorial Cara Mudah Cek NISN SD, SMP, SMA secara Online Cepat dan Lengkap
6. Selesai, kamu berhasil cek NISN melalui Internet.

Jadi begitulah cara cek atau mencari NISN melalui website Kemendikbud secara online, cukup mudah bukan? Kamu tidak perlu khawatir lagi jika belum mengetahui NISN kamu, cukup cek secara online maka dalam beberapa menit kamu akan langsung mengetahui NISN yang kamu miliki.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!