Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mohon maaf kolom komentar di nonaktifkan untuk mempercepat loading blog ini, Trimakasih 🌚

Perbedaan Jaringan Wifi 2.4 GHz dan 5.0 GHz, Lebih Cepat Mana?

Wireless Fidelity atau biasa kita kenal dengan wifi, adalah sebuah jaringan tanpa kabel dengan frekuensi tertentu. WiFi mungkin tidak asing lagi di zaman modern ini, jika kamu sering ke WiFi corner, atau suka berbagi jaringan dengan Hotspot, maka itulah yang disebut jaringan WiFi.
Perbedaan Jaringan Wifi 2.4 GHz dan 5.0 GHz, Lebih Cepat Mana?

Mungkin kamu pernah menjumpai di settingan Hotspot di smartphone kamu ada tulisan pita frekuensi 2,4 GHz dan 5,0 GHz dan kamu bertanya-tanya bagus mana sih antara frekuensi 2,4 GHz dengan 5,0 GHz?
hotspot, tethring, wifi, modem, wlan

Perbedaan Jaringan Wifi 2.4 GHz dan 5.0 GHz

Jika kamu belum tahu perbedaan antara jaringan WiFi frekuensi 2,4 GHz dengan 5,0 GHz serta kelebihan dan kekurangannya, Babang akan menjelaskan secara detail perbedaan kedua frekuensi jaringan WiFi tersebut.

Perbedaan Jaringan WiFi
Meskipun sama-sama jaringan WiFi, setiap frekuensi memiliki kepadatan gelombang yang berbeda, untuk frekuensi 2,4 GHz gelombangnya lebih jauh dari pada frekuensi 5,0GHz, sedangkan dari segi kepadatan gelombang frekuensi 5,0 GHz lebih padat dibandingkan dengan frekuensi 2,4 GHz
Gelombang frekuensi wifi

Hal tersebut menyebabkan perbedaan yang sangat signifikan, yaitu jaringan WiFi frekuensi 5,0 GHz mampu memiliki kecepatan hingga 1300Mbps sedangkan jaringan WiFi frekuensi 2,4 GHz kecepatannya hanya mampu hingga 600Mbps, akan tetapi jarak jangkauan jaringan WiFi juga berbeda, jarak jaringan WiFi frekuensi 2,4 GHz jauh lebih luas 2 kali lipat dibanding jaringan WiFi frekuensi 5,0 GHz

Jadi bisa di simpulkan sebagai berikut

Jaringan Wi-Fi frekuensi 2,4 GHz

  • Kecepatan : hingga 600 Mbps
  • Jarak Jangkauan : 2X lebih luas dibanding 5,0 GHz
  • Penerapan : Cocok untuk area yang luas seperti area sekolah
Jaringan Wi-Fi frekuensi 5,0 GHz
  • Kecepatan : hingga 1300 Mbps
  • Jarak Jangkauan : lebih kecil dibanding 2,4 GHz
  • Penerapan : cocok untuk mendapat kualitas jaringan yang baik, contoh untuk bermain game.
Akhir Kata
Jadi itulah perbedaan jaringan frekuensi 2,4 GHz dan 5,0 GHz, kedua jaringan WiFi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, jika kamu ingin untuk area yang luas bisa menggunakan jaringan frekuensi 2,4 GHz, namun jika kamu lebih mementingkan kecepatan jaringan maka lebih baik memilih frekuensi 5,0 GHz. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu ya!