Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mohon maaf kolom komentar di nonaktifkan untuk mempercepat loading blog ini, Trimakasih 🌚

3 Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Online Tanpa Ribet!

3 Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Online Tanpa Ribet!

Kamu pengguna layanan asuransi BPJS? Atau mungkin kamu disuruh oleh keluarga untuk bayar tagihan BPJS namun tidak tahu caranya? Jangan khawatir! Kali ini Babang akan memberikan tutorial cara mengecek tagihan BPJS secara online.

Ada tiga cara yang nanti akan Babang berikan. Cara ini juga bisa dilakukan menggunakan PC/Laptop maupun smartphone. Baik itu Android maupun iOS semuanya bisa untuk mengecek tagihan BPJS secara online.

Cara Mudah Cek Tagihan BPJS
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau biasa dikenal dengan BPJS Kesehatan adalah lembaga berbadan hukum yang bergerak dibidang asuransi jangka panjang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Pemerintah sepertinya sudah merekomendasikan bagi masyarakat yang kurang mampu untuk memiliki BPJS.

Setiap bulan kamu akan di beri tagihan sesuai dengan kelas BPJS yang kamu pilih. Namun jika kamu masih bingung berapa tagihan BPJS kamu setiap bulannya, maka kamu cukup cek tagihan BPJS secara online. Berikut ini 3 cara untuk cek tagihan BPJS secara online

Cek Tagihan BPJS Melalui Website Resmi BPJS
Kamu tidak perlu pusing jika belum mengetahui berapa jumlah tagihan BPJS yang akan kamu bayarkan, cukup mengakses website resmi BPJS kamu bisa langsung mengetahuinya. Berikut ini langkah-langkahnya

  • Pertama, buka situs resmi BPJS https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ nanti kamu akan melihat tampilan seperti dibawah ini

  • Langkah kedua, silahkan kamu masukan 13 digit nomor Kartu BPJS beserta tanggal lahir sesuai dengan yang tertulis dikartu BPJS.
  • Selesai, sekarang kamu berhasil mengecek berapa jumlah tagihan BPJS yang harus kamu bayar. Cara ini bisa dilakukan di PC/Laptop maupun smartphone.
Cek Tagihan Kartu BPJS melalui Aplikasi Resmi BPJS
Jika kamu begitu ribet untuk bolak balik cek ke situs resmi BPJS, kamu bisa menggunakan cara yang simple yaitu dengan menginstall aplikasi resmi BPJS. Langkah-langkahnya sebagai berikut

  • Langkah pertama, silahkan kamu download dan install aplikasi Mobile JKN. Jika kamu menggunakan Android silahkan download di Playstore, jika menggunakan iOS silahkan download di App Store.
  • Langkah selanjutnya, silahkan kamu data-datanya sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS, pastikan semua data yang kamu masukan itu benar, lalu Register.
  • Setelah itu, pada halaman pertama silahkan kamu pilih menu Pembayaran.
  • Selesai, nanti disitu akan tertera berapa tagihan BPJS yang harus kamu bayarkan tanpa bolak-balik memasukan nomor ID BPJS.
Cek Tagihan Kartu BPJS Melalui Aplikasi Tokopedia
Cara yang terakhir ini lebih simple, jika di smartphone kamu sudah terinstall aplikasi Tokopedia maka dua cara diatas tidak perlu kamu lakukan ya guys. Nah, bagaimana sih cara cek tagihan kartu BPJS melalui aplikasi Tokopedia? Berikut ini langkah-langkahnya

  • Langkah pertama, pastikan aplikasi Tokopedia sudah terinstall di smartphone kamu ya, kalau sudah silahkan buka aplikasinya, lalu pilih menu Tagihan.
  • Selanjutnya kamu pilih menu BPJS ya
  • Sesudah itu masukan 13 digit nomor ID BPJS kamu, harap masukan dengan teliti ya guys
  • Selesai, sekarang kamu sudah bisa mengetahui berapa total tagihan BPJS yang harus kamu bayar
Biaya Iuran BPJS
Sesudah kamu mengetahui cara cek tagihan BPJS melalui Website, Aplikasi Resmi dan Tokopedia. Pasti kamu bertanya-tanya berapa sih biaya iuran BPJS tiap bulannya.
Berikut ini rincian biaya iuran BPJS

  • Kelas 1 biaya Rp. 80.000;- /bulan
  • Kelas 2 biaya Rp. 51.000;- /bulan
  • Kelas 3 biaya Rp. 25.500;- /bulan
Akhir Kata
Jadi itulah cara cek tagihan biaya kartu BPJS melalui smartphone dan PC/Laptop, semoga bisa bermanfaat buat kamu yang ingin mengtehui jumlah tagihan BPJS. Jangan lupa share artikel ini jika menurut kamu bermanfaat ya